Advertisement

Bawaslu Gunungkidul Buka Lowongan Pengawas di Tingkat Kecamatan, Pendaftar Tak Boleh Menikah dengan Penyelenggara Pemilu

David Kurniawan
Jum'at, 16 September 2022 - 14:17 WIB
Budi Cahyana
Bawaslu Gunungkidul Buka Lowongan Pengawas di Tingkat Kecamatan, Pendaftar Tak Boleh Menikah dengan Penyelenggara Pemilu Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bawaslu Gunungkidul membuka lowongan petugas pengawasan di tingkat kecamatan. Ppendaftaran dibuka pada 21-27 September 2022.

Anggota Bawaslu Gunungkidul, Rosita, mengatakan pengawasan pemilu juga dilaksankan mulai dari tingkat kapanewon atau kecamatan hingga kalurahan. Namun, tahapan rekrutmen pengawas pada saat ini masih di tingkat kecamatan.

“Proses rekrutmen sudah kami umumkan. Rencananya pendaftaran dimulai pada 21 September dan berakhir pada 27 September mendatang,” kata Rosita kepada wartawan, Jumat (16/9/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dia menjelaskan petugas pengawasan di tingkat kecamatan masing-masing tiga orang. Total kebutuhan untuk 18 kapanewon sebanyak 54 orang. “Nantinya juga ada rekrutmen petugas pengawas di kalurahan. Tapi, sekarang persiapannya masih untuk tingkat paswacam,” katanya.

Anggota Bawaslu Gunungkidul, Rini Iswandari, mengatakan tahapan rekrutmen panitia pengawas di tingkat kecamatan (panwascam) masih sebatas pengumuman karena pendaftaran baru dimulai 21 September mendatang.

“Sudah kami umumkan dan kami berharap partisipasi dari masyarakat,” katanya.

Rini menjelaskan warga yang berminat menjadi anggota panwascam harus memenuhi beberapa persyaratan. Calon pendaftar berusia minimal 25 tahun, paling rendah tamat SMA dan sederajat.

Selain itu, pendaftar juga tidak boleh berafiliasi dengan partai politik yang dibuktikan dengan surat pernyataan diri. Adapun syarat lainnya tidak terikat jalinan pernikahan dengan sesama penyelenggara pemilu.

“Yang tak kalah penting harus bebas dari narkoba. Sehat jasmani dan rohani serta tidak pernah dipidana penjara dengan ancaman hukuman lebih dari lima tahun,” katanya.

Advertisement

BACA JUGA: Sultan: Malioboro Mall dan Hotel Ibis Bisa Terintegrasi dengan JPG

Rini menambahkan rekrutmen sudah membuat jadwal tahapan seleksi. Setelah pendaftaran, penelitian berkas selanjutnya diumumkan ke masyarakat guna mendapatkan saran dan masukan.

Di tahap ini, masyarakat diminta memberikan masukan terkait dengan calon anggota panwascam di masing-masing kapanewon. “Setelahnya ada ujian tes tertulis dan wawancara. Nantinya hasil dari seleksi akan diumumkan secara terbuka,” katanya.

Advertisement

Rini berharap tahapan dalam rekrutmen anggota panwascam dapat berjalan dengan baik sehingga selesai tepat waktu. “Kami jadwalkan anggota panwascam terpilih dilantik paling lambat 28 Oktober mendatang,” kata dia. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar 10 Brand Lokal Asli Indonesia yang Sukses Mendunia

News
| Rabu, 28 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement