Advertisement

Parkir Elektronik Mulai Dijalankan di Gunungkidul, Ini Lokasinya     

David Kurniawan
Kamis, 22 September 2022 - 18:07 WIB
Budi Cahyana
Parkir Elektronik Mulai Dijalankan di Gunungkidul, Ini Lokasinya      Bupati Gunungkidul Sunaryanta (baju putih lengan panjang) bersama dengan Direktur Kepatuhan BPD DIY, Dian Ariani (samping kiri bupati) menunjukkan transaksi digital untuk e-parkir di Taman Kuliner di Kota Wonosari, Kamis (22/9/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perhubungan Gunungkidul menerapkan parkir elektronik mulai Kamis (22/9/2022). Di tahap awal, pembayaran parkir menggunakan teknologi finansial ini diterapkan di Taman Kuliner di Kota Wonosari.

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto, mengatakan, e-parkir merupakan sebuah inovasi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat. Program ini juga mengurangi risiko parkir liar yang dapat merugikan para pengendara.

“Dengan program digital, pembayaran disesuaikan dengan tarif yang tertera di perda. Sepeda motor Rp1.000 dan mobil Rp2.000, langsung diambil dari saldo pay digital,” kata Rakhmadian kepada wartawan, Kamis siang.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Menurut dia, keberadaan parkir digital akan terus dikembangkan. “Jaringan e-Parkir akan terus diperluas. Tapi, prosesnya dilakukan secara bertahap,” ungkpanya.

Guna memudahkan penerapan parkir digital, dinas perhubungan telah bekerja sama dengan penyedia layanan digital. Salah satunya dengan BPD DIY yang akan memberikan kemudahan dalam pembayaran digital. Pembayaran cukup menggunakan dompet elektronik di ponsel. Pengendara cukup memindai kode batang (barcode) yang disediakan juru parkir (jukir) atau di papan yang terpasang di sekitar Taman Kuliner. “Jadi bayarnya semakin cepat dan transparan,” imbuh mantan Panewu Tanjungsari ini.

Direktur Kepatuhan BPD DIY, Dian Ariani, mengatakan e-parkir menjadi salah satu inovasi teknologi pembayaran non-tunai.  Pihaknya berkomitmen untuk membantu pengembangan sistem transaksi digital ini.

“Kami sudah menyiapkan aplikasinya dan masyarakat bisa memanfaatkan untuk layanan e-parkir,” katanya.

BACA JUGA: Sempat Ditolak Warga Baciro, Bangunan di Jl. Gayam Kini Diperiksa KPK

Menurut dia, dukungan terhadap pengembangan transaksi digital tidak hanya lewat e-parkir. Dukungan juga dilakukan dengan memperluas jaringan agen laku pandai di kalurahan di Bumi Handayani. “Para agen ini bisa melayani transaksi keuangan layaknya bank mulai dari transfer, pembayaran pajak air, listrik hingga PBB,” katanya.

Advertisement

Bupati Gunungkidul Sunaryanta menambahkan e-parkir menjadi bagian dari gerakan transformasi digital seiring dengan perkembangan teknologi digital.

“Ini jelas memberikan kemudahan sehingga jangkauannya harus ditambah dan tidak hanya di Taman Kuliner,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sabu Senilai Rp1 Miliar Disita, Bandar dan Kurir Sabu Digelandang

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement