Advertisement

Tekan Impor, Sleman Genjot Produksi Kedelai

Anisatul Umah
Rabu, 28 September 2022 - 06:07 WIB
Budi Cahyana
Tekan Impor, Sleman Genjot Produksi Kedelai Panen raya varietas kedelai Anjasmoro di Dusun Bendungan, Sumberharjo, Prambanan, Selasa (27/9/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kebutuhan kedelai dalam negeri saat ini sebagian masih dipenuhi dari impor. Kabupaten Sleman kemudian berupaya menggenjot produksi kedelai sehingga impor bisa ditekan.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan upaya menggenjot produksi kedelai dilakukan dengan perluasan lahan dan mendorong produktivitas. Menurutnya, pada tahun ini pengembangan kedelai dilakukan menggunakan dana Tugas Pembantuan APBN pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY di lahan seluas 50 hektare.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Lahan seluas 50 hektar ini terletak di Kalurahan Sumberharjo 30 hektare dan Kalurahan Bokoharjo 20 hektare, keduanya di Kecamatan Prambanan.

"Selama ini kebutuhan kedelai masih dipenuhi melalui impor," ucapnya dalam panen raya varietas kedelai Anjasmoro di Dusun Bendungan, Sumberharjo, Prambanan, Selasa (27/9/2022).

BACA JUGA: Wisata Gunungkidul Punya Banyak Potensi, Media Sosial Harus Dimaksimalkan

Ketua Kelompok Tani Margo Mulyo Heru Martono mengatakan permintaan kedelai melonjak. Peluang ini dilihat oleh petani. "Budi daya ini dilakukan sebagai upaya memenuhi kebutuhan pangan secara nasional," ujar dia.

Menurutnya dalam dua tahun terakhir budidaya kedelai dibayang-bayangi kegagalan karena cuaca yang tidak mendukung. Kekhawatiran ini membuat petani beralih menanam padi, jagung, dan kacang tanah.

Heru menyebut upaya meningkatkan profuktivitas dilakukan melalui penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan yaitu pupuk organik, pupuk hayati, bio pestisida dan pestisida hayati. "Sehingga lahan menjadi subur, lingkungan lestari dan produksi tinggi," ucap dia. 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Film Strangers with Memories Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Publik

News
| Rabu, 30 November 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement