Advertisement

Lowongan Panwascam Banyak Diminati, Bawaslu Gunungkidul Pastikan Tak Ada Perpanjangan Pendaftaran

David Kurniawan
Rabu, 28 September 2022 - 12:07 WIB
Budi Cahyana
Lowongan Panwascam Banyak Diminati, Bawaslu Gunungkidul Pastikan Tak Ada Perpanjangan Pendaftaran Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bawaslu Gunungkidul memastikan tidak ada perpanjangan pendaftaran anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam). Hingga pendaftaran ditutup pada Selasa (27/9/2022), semua kapanewon atau kecamatan telah memenuhi syarat minimal pendaftar.

Ketua Bawaslu Gunungkidul Tri Asmiyanto mengatakan partisipasi masyarakat untuk menjadi anggota panwascam sangat baik. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar di masing-masing kapanewon.

Advertisement

“Pendaftaran sudah kami tutup kemarin [Selasa 27/9/2022]. Saya pastikan tidak ada masa perpanjangan untuk proses pendaftaran,” kata Tri kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

Dia menjelaskan Gunungkidul butuh 54 anggota panwascam di 18 kecamatan. Hingga pendaftaran ditutup, 285 orang sudah mendaftar. Rinciannya sebanyak 111 pendaftar perempuan dan 174 laki-laki. Kebanyakan pendaftar, yakni 254 orang, langsung mendatangi kantor Bawaslu Gunungkidul. Sementara, pendaftaran melalui email sebanyak 20 pelamar dan via surat ada 11 pendaftar. Kapanewon Wonosari menjadi wilayah dengan peminat tertinggi dengan pendaftar 35 orang.

“Untuk pendaftar paling sedikit ada di Girisubo dengan pelamar delapan orang. Di kapanewon lain bervariasi antara sembilan sampai 20 pendaftar,” kata dia.

Sesuai dengan peraturan, jumlah pendaftar di masing-masing kapanewon minimal enam orang. selain itu, juga ada syarat lain partisipasi pendaftar perempuan sebanyak 30% dari jumlah minimal.

“Tidak ada masalah karena syarat ini bisa terpenuhi semua,” katanya.

BACA JUGA: Waspada! Ini Ragam Modus Penyalahgunaan Tanah Desa di Jogja

Anggota Bawaslu Gunungkidul Rini Iswandari mengatakan tahapan seleksi rekrutmen paswacam sudah ditentukan. Setelah pendaftaran ditutup, berkas diteliti dan diumumkan guna mendapatkan saran dan masukan. Di tahap ini masyarakat diminta memberikan masukan terkait dengan calon anggota panwascam di masing-masing kapanewon. “Setelahnya ada ujian tes tertulis dan wawancara. Nantinya hasil dari seleksi akan diumumkan secara terbuka,” katanya.

Rini berharap tahapan rekrutmen anggota panwascam dapat berjalan dengan baik sehingga selesai tepat waktu. “Kami jadwalkan anggota panwascam terpilih dilantik paling lambat 28 Oktober mendatang,” kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bertemu Jokowi, Grace Natalie Mengaku Dapat Tugas di Pemerintahan

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement