Advertisement

Sekati Ing Mall Jadi Rangkaian HUT Kota Jogja, Melibatkan 80 Industri Kecil Menengah

Yosef Leon
Kamis, 29 September 2022 - 04:27 WIB
Budi Cahyana
Sekati Ing Mall Jadi Rangkaian HUT Kota Jogja, Melibatkan 80 Industri Kecil Menengah Ilustrasi mall - Antara/Raisan Al Farisi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Jogja menggelar Sekati Ing Mall untuk memeriahkan perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-266 Kota Jogja. Acara itu akan dilaksanakan sejak 5-9 Oktober dengan melibatkan 80 industri kecil menengah (IKM). 

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Jogja Tri Karyadi Riyanto mengatakan Sekati Ing Mall telah masuk ke dalam calendar of event Pemkot Jogja. Pada tahun ini, gelarannya masuk pada tahun kedua. "Karena antusiasme masyarakat dan hasil yang maksimal bagi pelaku UKM, kami putuskan Sekati Ing Mall akan diselenggarakan setiap tahun dan kebetulan pada tahun ini bertepatan dengan HUT Kota Jogja," katanya, Rabu (28/9/2022). 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Totok menjelaskan Sekati Ing Mall awalnya bertujuan mengakomodasi pelaku IKM yang tidak lagi mendapat ruang lantaran Pasar Malam Sekaten disetop. Padahal manfaatnya sangat dirasakan oleh IKM. Bertepatan dengan pandemi Covid-19 merebak, ruang yang digagas kemudian adalah Sekaten Ing Mall yang digelar di pusat perbelanjaan. 

"Karena mall kami anggap punya prosedur yang ketat dalam penegakan prokes. Setelah kami evaluasi, ternyata antusiasme masyarakat cukup bagus sehingga kami putuskan untuk menyelenggarakannya setiap tahun," katanya. 

Pada tahun ini, Sekati Ing Mall diselenggarakan bertepatan dengan HUT ke-266 Kota Jogja. Acara dipersiapkan semaksimal mungkin baik dari sisi penyelenggara, pengisi acara dan juga pengunjung. Akan ada 80 IKM yang akan berpartisipasi yakni kuliner, kerajinan dan fesyen. Mereka adalah IKM yang jadi binaan sentra Pemkot Jogja. 

"Mereka telah melalui kurasi, karena pada tahun ini kami telah menetapkan lima sentra IKM di Jogja lewat perwal, sehingga pesertanya kami ambil dari sana untuk kian menggeliatkan perekonomian Jogja," ungkap dia. 

Menurut Totok, 80 IKM itu akan disebar di tiga pusat perbelanjaan yang ada di Jogja meliputi Malioboro Mall, Galeria Mall, dan Lippo Plaza. Sebanyak 40 IKM akan ditempatkan di Malioboro Mall, 30 IKM di Galeria Mall dengan jenis kerajinan dan fesyen, dan 10 IKM di Lippo Plaza dengan jenis kuliner. 

BACA JUGA: Orang Ini Ngaku Bisa Bikin BBM dari Sampah, Solar Dijual Rp7.000, Premium Rp10.000

Advertisement

"Acaranya dimulai sejak 5 Oktober dan berakhir 9 Oktober. Namun IKM masih kami berikan kesempatan untuk berjualan sampai 10 Oktober," ujarnya. 

Totok menambahkan pembukaan akan dipusatkan di Galeria Mall dan berlangsung serentak di dua pusat perbelanjaan lainnya. Akan ada arak-arakan bergodo yang membawa produk IKM dan kemudian diperebutkan okeh pengunjung dalam pembukaan itu. "Selain pameran, acara juga akan diisi berbagai macam kegiatan yang menarik mulai dari fashion show yang mengangkat kain khas Jogja dan beragam talshow yang inspiratif," kata dia.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement