Advertisement

Pemindahan ASN ke IKN, MenpanRB Sebut Tak Ada Pemaksaan

Yosef Leon
Kamis, 06 Oktober 2022 - 22:27 WIB
Bhekti Suryani
Pemindahan ASN ke IKN, MenpanRB Sebut Tak Ada Pemaksaan Ilustrasi desain kantor istana kepresidenan yang akan dibangun di IKN Kaltim. Istimewarn

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas menyebut pemerintah tidak ingin ada pemaksaan dalam proses pemindahan aparatur sipil negara (ASN) yang nantinya akan bekerja di Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Pemerintah sebisa mungkin akan membuat proses perpindahan para ASN secara sukarela dengan kampanye IKN nyaman dan menyiapkan fasilitas pelengkap. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Hal itu disampaikan MenpanRB saat meninjau Mall Pelayanan Publik (MPP) di kompleks Balaikota setempat pada Kamis (6/10/2022). Menurutnya, target pemerintah ke depan adalah ASN pindah secara sukarela ke IKN. Oleh karenanya saat ini segala persiapan sudah mulai dilakukan karena konsep IKN yang diusung pemerintah nantinya akan memuat soal kota ramah lingkungan dengan berbagai infrastruktur pelengkap yang mumpuni. 

"Yang pasti di IKN ini nanti kampanye kita agar lingkungan yang menarik yang nyaman kita tidak ingin paksa," katanya. 

Menurut MenpanRB, segala infrastruktur pendukung semacam rumah sakit, sekolah, sampai perguruan tinggi akan dibangun secara lengkap di IKN. Pemerintah semaksimal mungkin akan menciptakan ekosistem yang nyaman dengan konsep kota hijau berbeda jauh dengan kondisi perkotaan saat ini. Dipastikan dengan kondisi yang memadai dan lengkap, ASN tidak perlu dipaksa untuk pindah namun dengan sendirinya akan sukarela ke IKN. 

BACA JUGA: PAN Buka Opsi Usung Anies di Pilpres 2024

"Di sana semua ekosistemnya nyaman, tidak ada polusi berangkat ke kantor tidak perlu macet semua dari listrik tentu ini akan menjadi mimpi semua orang. Sehingga dari situ bayangan saya kalau ekosistemnya sudah tumbuh ada playground buat anak-anak di tengah hutan, oksigen cukup pasti enggak usah dipaksa mereka ingin pindah ke ibu kota," ujarnya. 

Lebih lanjut, saat ini skenario pemindahan ASN disebutnya juga tengah dimatangkan. Pihaknya telah membuat beberapa skenario perpindahan ASN ke IKN termasuk program digitalisasi layanan juga tengah disempurnakan. Nantinya, pemindahan akan dilakukan secara bertahap dengan skenario sebanyak 20.000, 60.0000 sampai 100.000.  

Advertisement

"Insya allah kita sedang assessment juga sekarang. Semoga bisa dalam waktu satu tahun," ucap dia. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Semeru Masih Luncurkan Awan Panas

News
| Senin, 05 Desember 2022, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement