Advertisement

Bawa Sayuran hingga Burung, Ratusan Pedagang Pasar Ikut Fashion Show di Beringharjo

Sunartono
Sabtu, 08 Oktober 2022 - 16:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bawa Sayuran hingga Burung, Ratusan Pedagang Pasar Ikut Fashion Show di Beringharjo Pedagang pasar mengikuti fashion show di Pasar Beringharjo, Sabtu (8/10/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 180 pedagang dari berbagai pasar di Kota Jogja mengikuti Mandiri Agen Jogja Fashion di Atrium Pasar Beringharjo, Sabtu (8/10/2022) pagi.

Sebagian besar pengunjung bersorak ketika wanita paruh baya menaiki panggung runway fashion show Mandiri Agen Jogja Fashion yang membawa bakul berisi botol jamu tradisional. Suara semakin riuh tatkala, disusul dengan seorang pria berusia 60 tahun yang membawa sayur mayur di anyaman bambu.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Bukan hanya sekadar menampilkan sisi desain baju yang ditonjolkan, namun fashion show ini menarik karena para peserta menampilkan representasi masing-masing. Beberapa pedagang Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasti) ada yang membawa sangkar berikut burungnya. Karena mereka sehari-hari berjualan burung. Seperti halnya Sukirman seorang pedagang di los Sayuran Lantai 2 Beringharjo yang ikut menjadi peserta. Bukan untuk meraih menang, tetapi tujuan utamanya adalah membuat pasar menjadi ramai sehingga berdampak ya pada peningkatan transaksi.

"Tidak pakai latihan, cuma pakai baju adat, terus ini tadi sambil bawa sayur-sayuran yang saya ambil dari los kami," katanya saat diwawancara usai tampil di kegiatan tersebut, Sabtu (8/10/2022).

Baca juga: Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Ini Profil Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita

Begitu juga pedagang pasar Beringharjo lainnya, Ani, 50, mengungkap keikutsertaannya untuk meramaikan kegiatan yang kebetulan bersamaan dengan HUT Kota Jogja ke-266. Ani membawa seperangkat baju gaun cukup besar dengan kombinasi berbagai macam motif batik. "Ini bajunya juga menyiapkan sendiri, tidak pakai latihan," katanya.

Penjabat Wali Kota Jogja Sumadi menyatakan kegiatan itu diikuti sebanyak 180 peserta dari berbagai pasar tradisional di Kota Jogja. Beringharjo menjadi salah satu pasar yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan di kawasan Malioboro. Oleh karena itu, ia mengapresiasi para pedagang pasar yang ikut meramaikan kegiatan fashion show tersebut.

"Wisatawan kalau ke Jogja belum lengkap kalau tidak ke Malioboro, kalau sudah sampai Malioboro pasti belum afdal kalau tidak ke Beringharjo. Sehingga pasar ini harus kita persiapkan dari berbagai layanan," katanya.

Advertisement

Vice President Bank Mandiri Area Yogyakarta, Ibu Evi Martiani mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk community development dalam ekosistem pasar tradisional. Hal ini bertujuan untuk memperkuat komunitas pedagang pasar, meningkatkan literasi keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat di sekitar pasar dan memperluas akses layanan perbankan dalam rangka inklusi keuangan.

"Selain itu untuk mendorong perekonomian. Kegiatan ini juga merupakan kelanjutan dari program digitalisasi pasar oleh Bank Mandiri yang telah dilakukan sebelumnya di Pasar Beringharjo. Kami sepakat membantu pemberdayaan pedagang dengan memperluas akses terhadap produk dan layanan perbankan di Pasar Beringharjo," katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

Jogjapolitan | 5 hours ago
Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Lokasi Acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang-Erina, Ini 3 Fakta Puro Mangkunegaran

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement