Advertisement

Antisiapasi Bencana Hidrometeorologi, 17 Pendeteksi Banjir dan 10 CCTV Disiapkan di Jogja

Triyo Handoko
Rabu, 12 Oktober 2022 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Antisiapasi Bencana Hidrometeorologi, 17 Pendeteksi Banjir dan 10 CCTV Disiapkan di Jogja Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jogja mempersiapkan mitigasi bencana hidrometeorologi. Dari membentuk 130 kampung tanggung bencana, memasang 17 alat pendeteksi banjir, hingga pantauan pada 10 CCTV di lokasi rawan bencana.

Pemasangan alat pendeteksi banjir paling banyak di Sungai Kali Code sebanyak 10 alat, sisanya tersebar pada titik-titik rawan banjir di berbagai sungai lain. Untuk CCTV, BPBD Jogja bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY untuk memantau berbagai titik rawan banjir dari hulunya langsung.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sekretaris BPBD Jogja, Agus Maryanto menjelaskan persiapan lain yang dilakukannya adalah mengkoordinasi 130 kampung tangguh bencana yang sudah dibentuknya. “Kami berikan mereka radio komunikasi dan instruksikan untuk selalu bersiaga agar jika sewaktu-waktu ada bencana penangannya sigap,” ucap dia, Rabu (12/10/2022).

BACA JUGA: Hampir Sebulan Diburu Polisi, Pelaku Perkosaan Anak Difabel Tegalrejo Belum Tertangkap

Agus menyebutkan kesediaan logistik untuk mitigasi bencana juga sudah dilakukannya. “Ada dua gudang logistik yang sudah tersedia untuk menangani bencana, ada di Gambiran dan Patangpuluhan,” ujarnya.

Gudang logistik tersebut juga sudah dilengkapi perlengkapan yang mencukupi kebutuhan. “Makan-makanan cepat saji sudah mencukupi, pakaian layak pakai juga begitu, logistik sudah aman,” katanya.

Berbagai upaya mitigasi, jelas Agus, sudah maksimal dilakukan BPBD Jogja. “Sekarang kami juga meminta masyarakat untuk turut berpartisipasi untuk mitigasi,” harpanya.

Partisipasi masyarakat, lanjut Agus, dapat dilakukan dengan berbagai cara. “Misalnya mengikuti petunjuk yang ada, selalu mengupayakan keamanan diri, sama kalau ada pohon yang sekiranya potensi roboh kami harap masyarakat mengabarkannya supaya petugas bisa memangkasnya,” ucap dia.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Bantul Hujan Tipis

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Natal, Patung Cokelat Sinterklas Terbesar di Indonesia Ada di Hotel Tentrem Jogja

Wisata
| Jum'at, 02 Desember 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement