Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Keren! SMPN 2 Srandakan Gelar Pemilihan Ketua OSIS lewat Ponsel

Arief Junianto
Rabu, 12 Oktober 2022 - 20:47 WIB
Arief Junianto
Keren! SMPN 2 Srandakan Gelar Pemilihan Ketua OSIS lewat Ponsel Siswa SMPN 2 Srandakan mengikuti acara peluncuran aplikasi Evos untuk Pemilos secara daring, Rabu (12/10/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Siswa SMPN 2 Srandakan menggelar pesta demokrasi berupa Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) untuk periode 2022-2023, Rabu (12/10/2022).

Pembina OSIS SMPN 2 Srandakan, Nur Jamilah mengatakan Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) tahun ini berlangsung sedikit berbeda dengan pemilihan pada umumnya. 

Advertisement

Pasalnya, pemilihan tidak dilakukan dengan sistem pencoblosan, melainkan dilakukan via daring yaitu melalui aplikasi Evos. Hal itu dilakukan agar Pemilos tidak mengganggu jam pelajaran dan dapat dilakukan dari gadget siswa. 

Jamilah mengatakan, dalam Pemilos SMPN 2 Srandakan kali ini, ada tiga pasang Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua OSIS yang berebut suara, yaitu Gista Tyassuci Moktika-Dafa Nur Fajariyanto sebagai pasangan nomor 1. Pasangan nomor 2 adalah Angga Putra Rahmadani-Jihan Alya Kamiliyya; sementara pasangan nomor 3 adalah Muhammad Yusron Khoirudin-Thalita Diandra Anindhyta.

BACA JUGA: Harga Tanah Tak Terkendali, Pemkab Bantul Tak Punya Taji

Ketiga pasang calon tersebut masing-masing memiliki visi misi dan program kerja yang berbeda. Mereka berebut suara siswa dari kelas VII hingga kelas IX yang jumlahnya mencapai 557 pemilih. 

Adapun mekanisme pemilihan dilaksanakan dalam tiga sesi. Sesi pertama dimulai dari kelas IX.

Setiap siswa akan menerima tautan yang dapat diakses untuk memberikan hak suara. Siswa dengan mudah dapat memberikan vote untuk kandidat yang dipilihnya.

"Sesi kedua dilanjutkan untuk kelas VIII, dan sesi terakhir untuk kelas VII," kata Jamilah melalui rilis, Rabu.

Selama pemilihan, kata dia, tidak ada kendala yang berarti. Semua siswa pun antusias memberikan hak suaranya dalam praktik demokrasi langsung ini.

"Lewat Pemilos, diharapkan dapat mengenalkan dunia demokrasi bagi para siswa. Diharapkan pula dapat melatih sikap kejujuran, keadilan, dan keberanian dalam berpendapat," kata Jamilah.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

40 Hari Bos Wagner Tewas, Warga Rusia Memujinya Sebagai Pahlawan

News
| Selasa, 03 Oktober 2023, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Danau Toba Dikartu Kuning UNESCO, Sandiaga: Ini Jadi Alarm

Wisata
| Senin, 02 Oktober 2023, 21:50 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement