Advertisement

Sikapi Bencana Hidrometeorologi, Warga Perlu Pantau Cuaca lewat Medsos Resmi

Yosef Leon
Minggu, 16 Oktober 2022 - 01:07 WIB
Yosef Leon
Sikapi Bencana Hidrometeorologi, Warga Perlu Pantau Cuaca lewat Medsos Resmi Sukarelawan kebencanaan mengevakuasi pohon tumbang di wilayah Tempel, Jumat (28/2/2020). - Istimewa/BPBD Sleman\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Warga diminta memantau perkembangan informasi cuaca lewat media sosial (medsos)) resmi instansi pemantau cuaca dan informasi kebencanaan demi mengantisipasi timbulnya insiden saat memasuki masa rawan bencana hidrometeorologi.

Alasannya, beberapa hari ke depan kondisi cuaca diprediksi terus mengalami hujan dengan intensitas yang beragam.

Advertisement

“Medsos tidak hanya yang untuk senang-senang dan hiburan saja. Kalau cuaca seperti ini ya pantau terus medsos BMKG, Staklim, dan info kebencanaan untuk antisipasi dan kewaspadaan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY, Biwara Yuswantana, Sabtu (15/10/2022).

Kewaspadaan masyarakat dalam kondisi cuaca seperti sekarang harus ekstra. Antisipasi terhadap insiden kebencanaan juga mesti dilakukan secepat dan seoptimal mungkin.

Masyarakat juga diminta mengecek kondisi lingkungan dan area tinggal masing-masing, jika terdapat kondisi yang disinyalir bakal berpotensi menimbulkan bencana harus segera ditangani.

Perda tata ruang yang telah dikeluarkan Pemda DIY telah memetakan area rawan kebencanaan. Kawasan rawan bencana geologi yakni erupsi Merapi, kawasan rawan bencana gempa dan tsunami di selatan pinggir pantai, rawan longsor di pegunungan Menoreh serta Seribu sedangkan banjir seperti di Imogiri, Pundong dan Kretek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Orang Tewas Usai Dua Helikopter Militer Malaysia Tabrakan, Berikut Kronologinya

News
| Selasa, 23 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement