Advertisement

Bantul Anggarkan Rp5,9 Miliar untuk Padat Karya Hingga Akhir Tahun

Ujang Hasanudin
Senin, 17 Oktober 2022 - 07:07 WIB
Budi Cahyana
Bantul Anggarkan Rp5,9 Miliar untuk Padat Karya Hingga Akhir Tahun Ilustrasi padat karya. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menggulirkan program padat karya menggunakan APBD Perubahan 2022 sebesar Rp5,9 miliar untuk 59 titik atau satu titik Rp100 juta hingga akhir tahun ini.

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo mengatakan Pemkab Bantul sengaja program padat mampu memberdayakan masyarakat dan mengurangi jumlah pengangguran meski hanya untuk jangka pendek.

Advertisement

“Program padat karya ini juga bagian dari optimasilisasi pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 dan juga dampak kenaikan harga BBM,” kata Joko, Minggu (16/10/2022).

Menurut Joko, warga mendapat keuntungan dari honor harian yang dibayarkan dari program padat karya. Selain itu, masyarakat juga mendapatkan manfaat dari infrastruktur yang dibangun.

“Dengan pola padat karya kualitas dari hasil pembangunan lebih baik karena yang mengerjakan masyarakat sendiri, kualitasnya pasti terjamin,” ucapnya.

BACA JUGA: Babarsari Akan Dikembangkan Jadi Pusat Sains dan Edukasi Nuklir

Joko memastikan tahun depan akan digulirkan kembali program serupa karena manfaatnya sangat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Bantul Istirul Widilastuti mengatakan saat ini program padat karya dari APBD perubahan masih dalam tahap sosialisasi kepada kelompok masyarakat. Sementara proyeknya akan dimulai pada November mendatang.

Proposal padat karya yang dibiayau APBD Perubahan 2022 tidak seperti padat karya di APBD murni yang harus diajukan satu tahun sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement