Advertisement

Jalur Tol Jogja Solo Sudah Final, Pemda DIY Siap Antisipasi Konflik Pembebasan Lahan

Sunartono
Selasa, 18 Oktober 2022 - 06:17 WIB
Budi Cahyana
Jalur Tol Jogja Solo Sudah Final, Pemda DIY Siap Antisipasi Konflik Pembebasan Lahan Pengerjaan konstruksi Tol Jogja Bawen di wilayah Seyegan dan Tempel, Senin (19/9/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY siap mengantisipasi konflik sosial sebagai dampak dari pembebasan Tol Jogja YIA. Trase yang disosialisasikan kepada warga sudah final dan diklaim telah menampung masukan berbagai pihak.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menegaskan trase atau jalur Tol Jogja YIA sudah final. Penentuan trase sudah melalui koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk meminta masukan di wilayah terdampak pembangunan. Jalur tol akan menghindari titik vital seperti pasar, kuburan, dan lainnya.

Advertisement

“Kami sudah menyosialisasikan kepada semua lurah dan panewu yang wilayahnya dilewati Tol Jogja YIA. Nanti tinggal sosialisasi kepada masyarakat. Tentu nanti ada yang setuju, ada belum setuju. Kami akan jelaskan sejelas-jelasnya bagaimana proses pembebasan lahan,” ucapnya.

Aji mengatakan pemerintah akan mengedepankan komunikasi secara langsung ke warga terdampak. Pemerintah sepenuhnya akan mengakomodasi masukan dari masyarakat terdampak. “Tetapi tidak ada perubahan perubahan trase lagi, tinggal proses pembebasannya yang perlu dimusyawarahkan,” katanya.

BACA JUGA: Dibangun Tahun Depan, Ini Spesifikasi Tol Jogja Bandara YIA

Dia mengatakan Pemda DIY sudah belajar dari pembebasan lahan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang tidak berjalan mulus. 

“Harapan saya warga bisa menerima proyek ini karena masuk dalam Proyek Strategis Nasional,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement