Advertisement

Inovasi Jadi Kunci Perajin Perak Jogja Bisa Beromzet Rp15 Juta per Bulan

Media Digital
Kamis, 20 Oktober 2022 - 18:57 WIB
Budi Cahyana
Inovasi Jadi Kunci Perajin Perak Jogja Bisa Beromzet Rp15 Juta per Bulan Tim Bidang UMKM Disperinkopukm Kota Jogja dan Pak Rudi selaku owner Akmal Silver - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Akmal Silver milik Rudy Widodo beromzet Rp15 juta per bulan. Inovasi menjadi kunci Rudy untuk terus mengembangkan bisnisnya agar terus eksis dan berkembang.

Memulai unit bisnis perak pada 2010, Rudy awalnya perajin. Pesanan yang mulai banyak membuat Rudy mendirikan brand sendiri dan lahirlah Akmal Silver. “Setelah itu saya punya perajin dan lebih fokus ke pemasarannya saja,” jelasnya, Kamis (20/10/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Selain pemasaran, inovasi perak juga jadi fokus Rudy. “Macam-macam inovasinya, dari inovasi bahan yang dicampur dengan emas, sampai detail bentuk juga,” katanya.

Bekal pengalaman sebagai perajin perak membuatnya mampu mengembangkan produk lebih maksimal. Dari cincin, gelang, kalung, hingga aksesoris dan miniatur bisa dikerjakan Rudy. “Soal inovasi itu juga harus melihat tren, jadi saya ikut banyak pameran supaya punya banyak referensi,” ujarnya saat di rumahnya di Kelurahan Gambiran, Kemantren Kotagede.

Rudy mengatakan dirinya kerap mendapat fasilitasi pameran oleh Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disprinkop UKM) Jogja. “Sering kalau diberikan dukungan pameran, tapi dukungan yang lain juga banyak misalnya untuk mengurus perizinan dan lainnya,” jelasnya.

Berkat dukungan Disprinkop UKM Jogja, jelas Rudy, Akmal Silver masih tetap eksis meskipun diterpa pandemi. “Meskipun penjualan menurun saat pandemi kemarin tapi alhamdulilah masih bisa produksi meskipun tidak banyak,” katanya.

Setelah berangsur normal dari pandemi, Rudy berharap dukungan Disprinkopukm dapat terus dilanjutkan. “Karena memang masih perlu terutama pelatihan-pelatihan dan dukungan lainnya,” ucapnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca, Hari Ini: Siang Ini, Kota dan Sleman Dilanda Hujan Petir

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement