Advertisement

Inovasi Jadi Kunci Perajin Perak Jogja Bisa Beromzet Rp15 Juta per Bulan

Media Digital
Kamis, 20 Oktober 2022 - 18:57 WIB
Budi Cahyana
Inovasi Jadi Kunci Perajin Perak Jogja Bisa Beromzet Rp15 Juta per Bulan Tim Bidang UMKM Disperinkopukm Kota Jogja dan Pak Rudi selaku owner Akmal Silver - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Akmal Silver milik Rudy Widodo beromzet Rp15 juta per bulan. Inovasi menjadi kunci Rudy untuk terus mengembangkan bisnisnya agar terus eksis dan berkembang.

Memulai unit bisnis perak pada 2010, Rudy awalnya perajin. Pesanan yang mulai banyak membuat Rudy mendirikan brand sendiri dan lahirlah Akmal Silver. “Setelah itu saya punya perajin dan lebih fokus ke pemasarannya saja,” jelasnya, Kamis (20/10/2022).

Advertisement

Selain pemasaran, inovasi perak juga jadi fokus Rudy. “Macam-macam inovasinya, dari inovasi bahan yang dicampur dengan emas, sampai detail bentuk juga,” katanya.

Bekal pengalaman sebagai perajin perak membuatnya mampu mengembangkan produk lebih maksimal. Dari cincin, gelang, kalung, hingga aksesoris dan miniatur bisa dikerjakan Rudy. “Soal inovasi itu juga harus melihat tren, jadi saya ikut banyak pameran supaya punya banyak referensi,” ujarnya saat di rumahnya di Kelurahan Gambiran, Kemantren Kotagede.

Rudy mengatakan dirinya kerap mendapat fasilitasi pameran oleh Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disprinkop UKM) Jogja. “Sering kalau diberikan dukungan pameran, tapi dukungan yang lain juga banyak misalnya untuk mengurus perizinan dan lainnya,” jelasnya.

Berkat dukungan Disprinkop UKM Jogja, jelas Rudy, Akmal Silver masih tetap eksis meskipun diterpa pandemi. “Meskipun penjualan menurun saat pandemi kemarin tapi alhamdulilah masih bisa produksi meskipun tidak banyak,” katanya.

Setelah berangsur normal dari pandemi, Rudy berharap dukungan Disprinkopukm dapat terus dilanjutkan. “Karena memang masih perlu terutama pelatihan-pelatihan dan dukungan lainnya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement