Advertisement

Buntut Tawuran Futsal Mahasiswa UPN Veteran Jogja, Kampus Bentuk Tim Komisi

Anisatul Umah
Kamis, 20 Oktober 2022 - 16:37 WIB
Bhekti Suryani
Buntut Tawuran Futsal Mahasiswa UPN Veteran Jogja, Kampus Bentuk Tim Komisi Tangkapan layar perkelahian sesama mahasiswa Fakultas Teknologi Minyak UPN - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - UPN Veteran Yogyakarta membentuk komisi untuk menangani tawuran antar-prodi yang terjadi awal bulan ini. Dua prodi yang berselisih berasal dari Fakultas Teknologi Mineral dan videonya sempat beredar pada Rabu (5/10/2022) lalu.

Dekan Fakultas Teknologi Mineral UPN Veteran Sutarto mengatakan pasca-perselisihan kegiatan belajar mengajar sempat digelar secara daring. Saat ini sedang berlangsung Ujian Tengah Semester (UTS) dan sudah berjalan luring.

"Saat ini kami sudah bentuk komisi untuk menangani ini, dan sudah berjalan. Sesuai kode etik jika mahasiswa disinyalir melakukan pelanggaran maka perlu dibentuk komisi," ucapnya kepada Harianjogja.com, Kamis (20/10/2022).

Dia menjelaskan komisi ini beranggotakan lima orang, Wakil Dekan Fakultas Teknik Bidang Kemahasiswaan, Koordinator Fakultas, Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua Jurusan Teknik Perminyakan, dan Ketua Jurusan Teknik Pertambangan.

"Tim ini akan melakukan klarifikasi karena banyak laporan yang masuk. Lalu akan diklarifikasi satu-satu. Termasuk klarifikasi korban, kerusakan, dan lainnya," jelasnya.

Setelah dilakukan klarifikasi, kemudian akan dipetakan apakah masuk ke dalam pelanggaran ringan, sedang, atau berat sesuai dengan kode etik UPN Veteran Yogyakarta. Hukuman yang bakal diberikan macam-macam tergantung kategorinya.

"Tegantung masuk pelanggaran apa, intinya setiap kesalahan ini kan bisa diberi sanksi, mulai dari teguran, tertulis, sampai misalnya penundaan semester," paparnya.

BACA JUGA: 2 Balita di Bantul Meninggal karena Gagal Ginjal, Pemkab Terjunkan Tim

Advertisement

Lebih lanjut dia menjelaskan komisi akan bekerja dengan batas waktu dua bulan ke depan. Kondisi di kampus saat ini sudah kondusif, namun di media sosial sesekali masih muncul saling saut. Menurutnya pada mata kuliah dasar di semester pertama semua Prodi telah digabung tujuan agar mereka membaur.

"Sudah luring [kegiatan di kampus] di lapangan sudah baik, walau di media sosial itu ada saut-sautan," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement