Advertisement

Tiga Penyu Lekang Ditemukan Mati di Pantai Jangkang, Gegara Sampah Plastik?

Ujang Hasanudin
Selasa, 15 November 2022 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Tiga Penyu Lekang Ditemukan Mati di Pantai Jangkang, Gegara Sampah Plastik? Dua dari tiga penyu lekang yang ditemukan sudah mati, Selasa (15/11/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Sebanyak tiga ekor penyu jenis lekang ditemukan mati di Pantai Jangkang, Kalurahan Garongan, Kapanewon Wates, Kulonprogo. Ketiga ekor penyu tersebut ditemukan sudah dalam kondisi membusuk.

Koordinator Satlimas Wilayah V Kulonprogo, Aris Widyatmoko mengatakan temuan tiga ekor penyu mati tersebut dilaporkan oleh warga pada Senin (14/11/20220) lalu, tetapi karena kondisi hujan lebat pihaknya belum bisa mengecek dan baru bisa mengecek laporan tersebut pada Selasa (15/11/2022) pagi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Jadi baru tadi pagi sama rekan-rekan dari Angkatan Laut dan Polairud kami  cek lokasinya,” kata Aris, Selasa .

Menurutnya, saat ditemukan kondisi penyu sudah dalam kondisi membusuk. Sementara jarak ketiga penyu yang ditemukan mati tersebut berdekatan sekitar 10-15 meter. Pihaknya belum mengetahui terkait dengan penyebab kematian dari tiga ekor penyu jenis lekang tersebut. 

BACA JUGA: Dua Pesawat Delegasi Argentina dan Arab Saudi Pilih Parkir di Bandara YIA

Dia menyebut Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY sudah melakukan pemeriksaan terhadap bangkai penyu tersebut siang tadi. Namun, kepastian kematiannya juga belum bisa diketahui.

“Kalau dugaannya tadi itu dari BKSDA karena faktor usia. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga karena penyu ini makan plastik, tetapi ini masih dugaan ya,” ujarnya.

Lebih lanjut Aris mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas dari BKSDA DIY, ketiga ekor penyu itu langsung dikuburkan di sekitar lokasi penemuan awal.

Advertisement

Secara rinci, Aris menyebut ketiga penyu tersebut dua jantan dan satu betina. Untuk betina panjang 88 sentimeter dan berat 20 kilogram, sementara jantan panjang 98 sentimeter dan berat 25 kilogram, dan jantan satunya panjang 88 sentimeter dengan berat 35 kilogram.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement