Advertisement

Kenalkan Potensi Kampung Wisata, Dispar Jogja Pilih Mas dan Mbak Kamwis

Yosef Leon
Rabu, 16 November 2022 - 01:27 WIB
Budi Cahyana
Kenalkan Potensi Kampung Wisata, Dispar Jogja Pilih Mas dan Mbak Kamwis Mas dan Mbak Kamwis yang terpilih di Kampung Wisata Warungboto beberapa waktu lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja membentuk dan memilih Mas dan Mbak Kampung Wisata (Kamwis) untuk mengenalkan potensi kampung yang ada di wilayahnya. Sebanyak 18 Mas dan Mbak Kamwis telah dipilih dan akan dikukuhkan pada akhir November mendatang sekaligus untuk menyambut masa libur akhir tahun. 

Kepala Dispar Kota Jogja Wahyu Hendratmoko mengatakan Mas dan Mbak Kamwis sekaligus akan menjadi brand ambassador dari masing-masing kampung wisata tersebut. Mereka diharapkan menjadi garda terdepan dalam mempromosikan potensi kampung wisata. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Trayek DAMRI YIA-Palbapang Bakal Diperpanjang sampai Makam Raja-Raja

"Ini juga semacam menjalankan roda regenerasi, karena pengurus di kampung wisata itu sudah sepuh-sepuh dan itu-itu terus, dengan adanya mas dan mbak ini kita ciptakan regenerasi yang bisa untuk menjadi penerus dari pengelolaan kampung-kampung wisata," ujar Wahyu, Selasa (15/11/2022). 

Mas dan Mbak Kamwis bertugas mempromosikan potensi masing-masing kampung kepada pengunjung yang datang ke kampung wisata. Mereka bisa juga menjadi penerima tamu saat ada kegiatan di kampung wisata. Mereka diharapkan paham dengan potensi dan sejarah kampung wisata di masing-masing tempat. 

"Di libur akhir tahun nanti kami juga akan tempatkan mereka di titik-titik yang bisa memberikan informasi seputar pariwisata kepada pengunjung. Agar jiwa hospitality mereka semakin terasah," katanya. 

BACA JUGA: Warga Jogja! Ada 3.914 Lowongan Kerja di Job Fair Virtual 2022

Koordinator Kampung Wisata Warungboto Purnomo menjelaskan akhir pekan lalu telah menyelesaikan proses pemilihan Mas dan Mbak Kamwis. Sebanyak 11 peserta yang ikut serta dalam proses pemilihan itu diseleksi dengan meliputi tes tertulis dan wawancara. Mereka juga diminta untuk menyampaikan program kerjanya jika terpilih sebagai Mas dan Mbak Kamwis Warungboto. 

Advertisement

"Aspek yang kami nilai yakni meliputi kepribadian, bakat, kreativitas dan kepemimpinan serta pengetahuan kepariwisataan. Ini merupakan angin segar bagi kampung wisata di Jogja dan jadi terobosan yang bagus dalam menjaring anak-anak muda dalam mengembangkan pariwisata," ujar dia. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

Jogjapolitan | 6 hours ago
Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Lokasi Acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang-Erina, Ini 3 Fakta Puro Mangkunegaran

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement