Advertisement

Trayek DAMRI YIA-Palbapang Bakal Diperpanjang sampai Makam Raja-Raja

CRA22
Selasa, 15 November 2022 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Trayek DAMRI YIA-Palbapang Bakal Diperpanjang sampai Makam Raja-Raja Ilustrasi bus DAMRI. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memperpanjang trayek Damri jurusan YIA-Palbapang sampai ke kompleks Makam Raja-Raja Mataram Imogiri pada 2023 mendatang.

Pembukaan jalur ini bertujuan untuk meningkatkan angka kunjungan pariwisata di Bantul yang masuk dalam Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN). 

Advertisement

Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Prasarana Transportasi Dishub Bantul, Suyamto mengatakan perpanjangan trayek merupakan inisiatif Dishub Bantul untuk memperluas kontektivitas wilayah.

“Kami mengambil spot Makam Raja Mataram di Imogiri sebagai wisata religi yang masuk dalam KSPN,” kata Suyamto saat ditemui, Selasa (15/11/2022).

BACA JUGA: Pelatihan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian Unggulan (Aloevera Dan Serai) Untuk Peningkatan Ekonomi

Dengan adanya perpanjangaan trayek ini, pendanaan dapat dibantu Kementerian Perhubungan melalui Perum Damri yang berada di bawah Kementerian BUMN.

“Perpanjangan ini juga bertujuan agar Damri tetap eksis. Rencana ini telah disetujui Kemenhub dan Damri sehingga tinggal pelaksanaan di lapangan,” katanya. 

Dijelaskan Suyamto, adanya perpanjangan jalur ini tidak akan merebut penumpang angkutan umum karena selama ini belum ada angkutan umum yang melayani YIA-Palbapang-Imogiri.

Di Terminal Palbapang sudah ada sekitar enam unit Toyota Hiace yang akan melayani trayek ini. Suyamto mengatakan jajarannya juga mengkaji kemungkinan perluasan konektivitas hingga Puncak Becici di kawasan Dlingo.

“Ada kajian angkutan pariwisata ke Becici. Nanti bus besar berhenti di Imogiri, kemudian wisawatan naik ke Becici menggunakan shuttle. Saat ini rencana masih terus dikaji,” katanya.

Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan dengan adanya perpanjangan trayek tersebut diharapkan mampu mendongkrak angka kunjungan wisata sekaligus membuka lapangan pekerjaan.

Disinggung mengenai shuttle yang akan melayani Imogiri-Becici, Markus mengaku masih menungga aturan dari Dinas Perhubungan, terutama aturan apakah bus besar boleh naik ke Becici atau tidak.

“Kami masih menunggu aturannya seperti apa. Kalau sudah ada, maka segera kami informasikan kepada pelaku wisata atau biro perjalanan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement