Advertisement

Pelatihan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian Unggulan (Aloevera Dan Serai) Untuk Peningkatan Ekonomi

Media Digital
Selasa, 15 November 2022 - 14:47 WIB
Jumali
Pelatihan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian Unggulan (Aloevera Dan Serai) Untuk Peningkatan Ekonomi Pelatihan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian Unggulan (Aloevera Dan Serai) Untuk Peningkatan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19 di Kelompok Tanipelangi 43, Mendungan, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta oleh Dosen Fakultas Teknologi Industri UAD - Ist

Advertisement

Pada masa pandemi Covid-19 yang sekarang telah menuju endemic menyebabkan banyak dampak yang dihadapi seperti dampak kesehatan dan dampak secara perekonomian. Masyarakat dituntut untuk konsumsi makanan sehat yang bisa meningkatkan imunitas.

Pemerintah Kota Yogyakarta mempunyai program pengembangan Kelompok Tani di Kota Yogyakarta dengan program Pekarangan pangan Lestari (P2L). Salah satu Kelompok Tani yang terbentuk adalah KT-PELANGI. KT-PELANGI yang beralamat di Jalan Mendung Warih 154, Mendungan, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. KT-PELANGI berdiri sejak tanggal 4 Februari 2020.

Advertisement

Berdasarkan permasalah tersebut dosen Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) khususnya Dosen Program Studi Magister Teknik Kimia dan Dosen Program Studi Teknologi Pangan mengadakan pelatihan pemanfaatan aloevera dan serai. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini yang diketuai oleh Ika Dyah Kumalasari, S.Si., M.Sc., Ph.D. dilakukan di KT-PELANGI Giwangan dalam bentuk sosialisasi, penyuluhan dan pelatihan yang dilakukan bersama 2 orang dosen lainnya yaitu Aster Rahayu, S.Si., M.Si., Ph.D dan Dr. Ir. Siti Jamilatun, M .T.,

Kegiatan dalam bentuk pembuatan handsanitizer dengan ekstrak serai, lilin aroma terapi serai dan pelatihan pengolahan pangan berbasis aloevera. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAD ini telah berlangsung dari bulan April hingga November. Sasaran kegiatan ini adalah sosialisasi, pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengolahan hasil panen KT-PELANGI dengan mengimplementasikan teknologi dari pengusul yang terintegrasi dengan AIK 4 Islam dan Ilmu Pengetahuan.

Dalam pelaksanaannya juga melibatkan 6 orang mahasiswa Program Studi Teknik Kimia UAD (S1 dan S2) serta Program Studi Teknoogi Pangan yaitu Jiran Nirmalasari, Nafira Alfi Zaini Amrillah, Danisa Fatin Oktavianingtyas, Lintang Tjahya Pandharingan, Isnainul Kusuma dan Ardhiansyah Pradana. Kegiatan ini dilakukan secara luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement