Advertisement

2023, Warga Kota Jogja yang Buang Sampah di TPS Bakal Diawasi

CRY22
Jum'at, 25 November 2022 - 16:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
2023, Warga Kota Jogja yang Buang Sampah di TPS Bakal Diawasi Seorang warga sedang membuang sampah di depo sementara samping Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Jogja, Jumat (21/1/2022) - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Beberapa Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) di Kota Jogja mulai Januari 2023 hingga Agustus 2023 akan diawasi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk memastikan hanya sampah organik yang dibuang.

Suwarna, Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jogja mengatakan untuk memastikan pemilahan sampah yang dilakukan warga, Satlinmas akan mengawasi pembuangan sampah di TPS.

Advertisement

"Untuk memastikan itu [sampah organik yang dibuang], maka kemudian perlu dijaga agar tidak setiap orang bisa membuang di TPS itu. Karena sudah ada penggerobak atau transporter," kata Suwarna, Jumat (25/11/2022).

Ia berharap sampah yang berasal dari transporter telah dipilah, sehingga sampah yang dibuang ke TPS hanya sampah organik.

Baca juga: Warga di Kulonprogo Terancam Tergusur Kedua Kalinya karena Proyek Tol Jogja-YIA

Suwarna mengatakan ada 13 TPS di Kota Jogja yang dijaga Satlinmas."Kemarin kita kesempatannya di rapat koordinasi itu 24 jam [penjagaannya]," imbuh Suwarna. Nanti, menurut Suwarna Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja juga akan mengawasi pada jam kerja, sedangkan Satlinmas di sore dan malam hari.

Bagi pelanggar, menurut Suwarna ada tegurannya bersifat persuasif. "Sanksi belum ya. Jadi kita hanya persuasif," ucap Suwarna.

"Warga yang masih ketahuan buang sampahnya langsung enggak melalui transporter ya kita edukasi di tempat itu.Sehingga tidak ada sanksi, kita lebih edukasi yang humanis dan persuasi," imbuhnya.

Satlinmas akan melakukan penjagaan di TPS mulai Januari-Agustus 2023 dengan mengerahkan 52 personel..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement