Advertisement

2023, Warga Kota Jogja yang Buang Sampah di TPS Bakal Diawasi

CRY22
Jum'at, 25 November 2022 - 16:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
2023, Warga Kota Jogja yang Buang Sampah di TPS Bakal Diawasi Seorang warga sedang membuang sampah di depo sementara samping Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Jogja, Jumat (21/1/2022) - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Beberapa Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) di Kota Jogja mulai Januari 2023 hingga Agustus 2023 akan diawasi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk memastikan hanya sampah organik yang dibuang.

Suwarna, Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jogja mengatakan untuk memastikan pemilahan sampah yang dilakukan warga, Satlinmas akan mengawasi pembuangan sampah di TPS.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Untuk memastikan itu [sampah organik yang dibuang], maka kemudian perlu dijaga agar tidak setiap orang bisa membuang di TPS itu. Karena sudah ada penggerobak atau transporter," kata Suwarna, Jumat (25/11/2022).

Ia berharap sampah yang berasal dari transporter telah dipilah, sehingga sampah yang dibuang ke TPS hanya sampah organik.

Baca juga: Warga di Kulonprogo Terancam Tergusur Kedua Kalinya karena Proyek Tol Jogja-YIA

Suwarna mengatakan ada 13 TPS di Kota Jogja yang dijaga Satlinmas."Kemarin kita kesempatannya di rapat koordinasi itu 24 jam [penjagaannya]," imbuh Suwarna. Nanti, menurut Suwarna Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja juga akan mengawasi pada jam kerja, sedangkan Satlinmas di sore dan malam hari.

Bagi pelanggar, menurut Suwarna ada tegurannya bersifat persuasif. "Sanksi belum ya. Jadi kita hanya persuasif," ucap Suwarna.

"Warga yang masih ketahuan buang sampahnya langsung enggak melalui transporter ya kita edukasi di tempat itu.Sehingga tidak ada sanksi, kita lebih edukasi yang humanis dan persuasi," imbuhnya.

Advertisement

Satlinmas akan melakukan penjagaan di TPS mulai Januari-Agustus 2023 dengan mengerahkan 52 personel..

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Bantul Hujan Tipis

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Natal, Patung Cokelat Sinterklas Terbesar di Indonesia Ada di Hotel Tentrem Jogja

Wisata
| Jum'at, 02 Desember 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement