Advertisement

PURANA X Agan Harahap Vol. 2 Tampilkan Makna Identitas dalam Busana

Media Digital
Sabtu, 26 November 2022 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
PURANA X Agan Harahap Vol. 2 Tampilkan Makna Identitas dalam Busana Agan (tengah) dan Nonita (paling kanan) dalam Launching PURANA X Agan Harahap Vol. 2 di Hotel Yats Colony, Jogja, Kamis (24/11/2022) - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Mengulang kesuksesan kolaborasi yang pertama, PURANA Indonesia kembali menggandeng Agan Harahap dalam produk terbarunya.

Bertajuk Mardijkers Photo Studio (MPS), PURANA X Agan Harahap Vol. 2 menampilkan busana dengan ciri khas potret tempo doeloe. Potret foto yang tersaji dalam berbagai jenis pakaian ini memperlihatkan orang-orang yang berbusana adat Indonesia dan orang-orang yang mengenakan pakaian Eropa.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Namun apabila diperhatikan lebih teliti, busana adat Indonesia justru dipakai orang-orang Eropa. Sementara pakaian Eropa dikenakan oleh orang-orang Indonesia.

Agan mengatakan apabila kelompok masyarakat di potret tersebut merupakan mardijker. Dalam pengertian umum, mardjiker merupakan kelompok masyarakat yang secara etnis dibentuk oleh keturunan budak yang telah dimerdekakan, serta keturunan perkawinan campuran dengan orang Eropa.

"Setelah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia pada 1949, identitas kebangsaan para mardijker ini menjadi tidak jelas," kata Agan dalam Launching PURANA X Agan Harahap Vol. 2 di Hotel Yats Colony, Jogja, Kamis (24/11/2022).

Karya MPS pertama kali Agan tampilkan pada 2015. Namun dia menganggap karya ini masih tetap relevan sampai kapan pun. Hal ini terutama saat sebuah bangsa masih disibukkan dengan persoalan identitas berupa pertanyaan seperti ‘apa agamamu’ atau ‘kamu aslinya orang mana'.

MPS mencoba bercerita dan mengkritisi identitas Bangsa Indonesia. “Apa itu pribumi, apa itu pendatang, dan pentingnya proses akulturasi yang membentuk kita sebagai satu kesatuan sampai hari ini,” kata Agan.

Anggaplah fashion sebagai salah satu penanda identitas, maka tampilnya MPS pada busana dapat menyampaikan pesan dan ceritanya kepada audiens yang lebih luas.

Direktur Kreatif PURANA, Nonita Respati, melihat kesempatan emas untuk mendukung tumbuh dan berkembangnya nasionalisme Indonesia dengan kolaborasi bersama Agan. Melalui karya kolaboratif ini, Nonita menemukan jalan untuk berbagi kenangan masa kecil dan remajanya sebagai bagian dari keluarga kraton yang sangat sering memakai busana adat.

“Sejak kecil, saya memakai busana adat bukan hanya pada perayaan hari nasional atau saat diwajibkan oleh sekolah saja, tetapi juga di kehidupan sehari-hari untuk berbagai acara seremonial,” kata Nonita.

Nonita menganggap busana adat dengan sederetan aksesorisnya adalah produk budaya yang memiliki nilai craftmanship tinggi, yang untuk memakainya pun memerlukan ketekunan dan keterampilan tersendiri.

“Saya merasa Bangsa Indonesia perlu mempertahankan kebanggaan akan busana adatnya, juga banyak aspek kebudayaan lainnya, dan perasaan ini sejalan dengan apa yang disampaikan Agan melalui Mardijker Photo Studio,” kata Nonita.

PURANA X Agan Harahap Vol. 2 banyak memakai kembali formula dari koleksi kolaborasi sebelumnya, yaitu esensi busana casual, ready-to-wear sehari-hari yang nyaman dipakai. Hanya saja, kali ini PURANA mengaplikasikan lebih banyak intrikasi desain untuk mencapai tampilan yang lebih dressed-up.

Seperti kolaborasi sebelumnya juga, dalam koleksi PURANA X Agan Harahap Vol. 2 terdapat pilihan menswear yang tetap pantas dipakai oleh perempuan (uniseks). Kejutan istimewa pun hadir dalam bentuk t-shirt yang untuk pertama kalinya diproduksi oleh PURANA.

“Kami mengerti saat ini setelah pandemi, orang harus melalui masa resesi ekonomi, sehingga harga koleksi masih dalam kisaran yang terjangkau yaitu di angka 999.000 untuk harga tertinggi,” kata Nonita.

Koleksi PURANA X Agan Harahap Vol. 2 terdiri dari shirt dress dan outerwear yang selama ini dikenal sebagai spesialisasi PURANA. Ada pula kimono dan kemeja uniseks dengan ciri khas cross-pattern antara pola kotak-kotak yang berbeda-beda.

Tidak lupa aplikasi foto-foto karya Agan yang dicetak sebagai patchwork dan ditempelkan pada baju. "Bahan yang dipakai untuk koleksi ini pun sangat nyaman dikenakan, karena dipilih yang terbuat dari serat alami untuk katun, denim, linen, dan jersey kaus dari katun,” kata Nonita.

Bagi masyarakat yang ingin merasakan kenyamanan busana PURANA X Agan Harahap Vol. 2, bisa membeli secara offline di Hotel Yats Colony Jogja. Bisa juga membeli di website PURANA melalui puranaindonesia.com. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Lengkap Daerah di Indonesia yang Wajibkan Beli BBM Subsidi Pakai MyPertamina

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Wah...Kini Ada Wisata Pasar Kuliner Minggu Pagi di Pakuningratan Jogja

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement