Advertisement

9 Hektare Lahan Disiapkan di Prambanan untuk Pusat Ekonomi di Luar Tol Jogja Solo

Sunartono
Selasa, 29 November 2022 - 20:22 WIB
Budi Cahyana
9 Hektare Lahan Disiapkan di Prambanan untuk Pusat Ekonomi di Luar Tol Jogja Solo Proyek Tol Jogja Solo. - JIBI/Bisnis.com/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY menyiapkan lahan sekitar 9 hektare yang akan menjadi pusat perekonomian semacam rest area di kawasan exit toll Jogja Solo di Bokoharjo, Prambanan, Sleman.

Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono mengatakan Pemda DIY DIY telah menyiapkan lahan sekitar 9 hektare di wilayah Prambanan, Sleman. Lahan ini berada di sebelah selatan kawasan wisata Breksi. Lahan tersebut sebagian adalah tanah kas desan dan sebagian milik warga. Lahan tersebut akan dikembangkan sebagai kawasan perekonomian baru untuk menampung orang yang akan keluar dan masuk di area exit toll di Bokoharjo.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Green Investment Disiapkan di Exit Toll Prambanan

“Saat ini memang sedang diupayakan ditawarkan ke investor, akan tetapi untuk deal-nya belum, kondisi tanahnya saat ini lahan terbuka, harus dibebaskan memang ada tanah desa dan tanah warga,” katanya belum lama ini.

Lokasi lahan tersebut memang tidak persis di sebelah tol, sehingga perlu dibangun jalan penghubung dari jalur exit toll menuju ke kawasan pusat ekonomi baru tersebut. Keberadaan semacam rest area di luar tol ini akan dimanfaatkan pengguna tol baik saat keluar maupun akan masuk ke area tol untuk mampir sejenak. Di dalamnya akan berisi berbagai macam produk lokal Jogja serta berbagai fasilitas.

“Nantinya akan menjadi semacam pusat ekonomi, untuk pengembangan ekonomi kreatif, UMKM, semacam rest area tetapi di luar tol, jadi orang masuk Jogja ketemu di sini,” ujarnya.

Selain di sisi timur, kata Beny, saat ini Pemda DIY juga sedang mendesain titik yang akan dikembangkan di kawasan Tol Jogja YIA yang berada di Wates Kulonprogo. Namun, kelanjutan rencana itu masih menunggu diskusi lebih lanjut sehingga belum ditetapkan lahan yang akan menjadi pengembangan kawasan di exit toll. Sesuai dengan kesepakatan dengan Pemerintah Pusat, Tol Jogja YIA ini akan diberi empat exit toll.

BACA JUGA: Lahan Tol Jogja YIA Habiskan Rp3,8 Triliun, Ada Rest Area 

“Sebenarnya sudah ada titik exit toll, cuma kami perlu persiapan untuk menangkap peluang itu kira-kira titik yang tepat di mana. Untuk saat ini yang sudah pasti itu yang di kawasan Prambanan itu,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement