Advertisement

Dua Jembatan Akan Dibangun untuk Hubungkan Prambanan dengan Gunungkidul

Sunartono
Minggu, 04 Desember 2022 - 05:37 WIB
Bhekti Suryani
Dua Jembatan Akan Dibangun untuk Hubungkan Prambanan dengan Gunungkidul Ilustrasi jalan tol. - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY akan melanjutkan pembangunan jalur alternatif menuju Gunungkidul dengan melewati Prambanan atau jalur Prambanan-Gading.

Jalur ini di beberapa segmen telah selesai dan pada 2023 akan dilanjutkan di dua titik yang melewati sungai sehingga harus dibangun jembatan.

Advertisement

Kabid Bina Marga Dinas PUP-ESDM DIY, Kwaryantini Ampeyanti Putri menjelaskan perkembangan jalan baru yang menghubungkan antara Tawang, Ngoro-oro, Patuk menuju Ngalang, Gedangsari untuk segmen IV yang dibangun 2022 ini progresnya telah mencapai 91,7% hingga Sabtu (3/12/2022). Capaian pembangunan fisik ini meningkat dari rencana awal 89,5% sehingga ada deviasi plus sekitar 2,1%. Secara umum jalan ini memiliki lebar jalan 7,5 meter di tambah bahu jalan masing-masing dua meter kiri dan kanan sehingga total badan jalan 11,5 meter.

BACA JUGA : Kawasan Kelok 18 Bakal Dibangun Penanda Keistimewaan DIY

“Saat ini tinggan penyelesaian overlay [lapis perkerasan tambahan yang di pasang di atas konstruksi perkerasan jalan] AC WC [Asphalt Concrete -Wearing Course atau lapisan pengerasan paling atas],” katanya, Sabtu (3/12/2022).

Pada pengerjaan segmen IV ini pembukaan jalan baru melewati permukiman penduduk, pekarangan warga, sawah hingga sungai. Sehingga pada segmen ini dibangun jembatan dengan panjang sekitar 80 meter dengan dua bentang yang akan membelah Sungai Ngalang, Gedangsari.

Selanjutnya pada segmen II dengan panjang 1,8 kilometer dan segmen III panjang 1,1 kilometer telah masuk dalam perencanaan pembangunan di 2023 mendatang. Pada kedua segmen ini nantinya akan melewati dua sungai sehingga akan dibangun dua jembatan dengan Panjang sekitar 80 meter.

“Untuk dua segmen yang akan kami bangun pada 2023 ini ada dua jembatan juga cukup besar,” katanya.

BACA JUGA : Pemda DIY Pastikan Tanah 600 Meter Akan Dibebaskan

Ia menambahkan pada 2023 ini untuk Tawang-Ngalang dipastikan telah tuntas, harapannya segmen lanjutan yaitu Prambanan-Gayamharjo yang berada di wilayah Sleman segera dikerjakan oleh Pemerintah Pusat. Mengingat jalur ini akan menjadi salah satu alternatif yang menghubungkan ke Gunungkidul selain lewat Piyungan-Patuk yang saat ini bebannya sudah cukup berat bahkan rawan longsor.

“Karena Prambanan-Gayamharjo ini nantinya terkoneksi langsung dengan exit toll, maka dibangun oleh pusat tetapi sampai saat ini memang belum ada kepastian kapan. Untuk pembebasan lahan dilakukan Pemkab Sleman saat ini sedang berproses memang belum semuanya dibebaskan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puncak DBD di Indonesia Diprediksi pada April dan Mei 2023

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Kemenparekraf Optimistis Jumlah Wisatawan 2023 Naik

Wisata
| Kamis, 26 Januari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement