Advertisement

Jelang Akhir Tahun, Harga Telur Ayam di Jogja Meroket Jadi Rp31.000 per Kg

Yosef Leon
Senin, 05 Desember 2022 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Jelang Akhir Tahun, Harga Telur Ayam di Jogja Meroket Jadi Rp31.000 per Kg Pedagang melayani pembeli di Pasar Beringharjo Kota Jogja, Senin (5/12/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Komoditas telur ayam ras di pasar Kota Jogja terpantau naik menjelang masuknya masa akhir tahun dan libur Natal Tahun Baru (Nataru). Harga telur yang mulanya Rp27.000 per kilogram (kg), kini melonjak cukup signifikan menjadi Rp31.000 per kg.

Natasya, salah seorang pedagang kebutuhan pokok di Pasar Beringharjo mengaku kenaikan harga telur itu telah berlangsung sejak seminggu terakhir. Konsumen yang belanja disebutnya banyak yang terkejut dengan harga telur yang melonjak sampai di angka Rp31.000 per kg. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Banyak yang kaget juga karena tahunya kan harga masih normal di Rp27.000 per kg. Tiba-tiba sudah segini. Biasa sih begini karena menjelang Nataru," katanya, Senin (5/12/2022). 

Dia menyebutkan, kenaikan harga telur dimungkinkan karena banyaknya kebutuhan dan permintaan di masyarakat menjelang masa akhir tahun. Biasanya kebutuhan untuk pembuatan kue dan hajatan di akhir tahun cukup tinggi sehingga harga telur ikut terkerek.  "Untuk stok masih aman. Tapi ya tidak mesti juga. Kadang dalam sehari bisa 15 kg atau bahkan lebih," kata dia. 

BACA JUGA: Bingung Rayakan Natal dan Tahun Baru di Mana? Grage Ramayana Hotel Punya Tawaran Seru

Salah seorang pedagang lain, Wanti menyebutkan, permintaan terhadap komoditas telur oleh konsumen tidak terpengaruh signifikan akibat kenaikan harga. Konsumen tetap membeli meski harga melonjak lantaran sudah menjadi kebutuhan.  "Tetap ada yang beli karena kan butuh tapi ya begitu pada mengeluh," ujarnya. 

Menurutnya, kenaikan harga telur ayam ras sudah terjadi sejak tingginya permintaan pada penyaluran program keluarga harapan (PKH) pada akhir Agustus lalu. Harga memang sempat turun beberapa bulan sesusai penyaluran rampung, namun secara bertahap terus naik sampai saat ini. 

"Naiknya setelah turun yang PKH itu sedikit-sedikit, Rp1.000 kemudian naik lagi sampai sekarang sudah Rp31.000/kilogram," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement