Advertisement

Event Mlaku Gasik Dinpar DIY Coba Kembangkan Wisata Olahraga di Gunungkidul

Media Digital
Senin, 05 Desember 2022 - 06:47 WIB
Jumali
Event Mlaku Gasik Dinpar DIY Coba Kembangkan Wisata Olahraga di Gunungkidul PesertaMlaku Gasikberangkat bersepeda dari Taman Budaya Gunungkidul ke Pantai Kukup pada Sabtu (3/12/2012) - Ist

Advertisement

GUNUNGKIDUL—Event wisata bertajuk Mlaku Gasik yang digelar Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY di Gunungkidul bentuk usaha untuk mengembangkan sport tourism atau wisata olahraga. Event yang dilakukan dari Taman Budaya Gunungkidul hingga Pantai Kukup pada Sabtu (3/12/2022) tersebut diikuti seratusan peserta.

Peserta kegiatan wisata olahraga dengan bersepeda sejauh 25 kilometer tersebut diakhiri dengan bakti sosial dengan bersih-bersih Pantai Kukup. Dinpar DIY menyelenggarakan kegiatan tersebut untuk terus mendorong potensi wisata di Gunungkidul yang bisa dikembangkan jadi wisata olahraga.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinpar DIY Kurniawan menjelaskan Gunungkidul memiliki potensi wisata olahraga yang besar. “Sport tourism tak hanya bisa dikembangkan di kota Jogja, tapi di Gunungkidul juga karena potensi wisata alamnya bisa juga dikembangkan ke sport tourism,” katanya, Minggu (4/12/2022).

Wisata olahraga di DIY, jelas Wawan, berkembang di Jogja dan akan dikembangkan ke kabupaten lain.

Mlaku Gasik di Gunungkidul kemarin itu yang kedua dilakukan, sebelumnya diselenggarakan di Bantul, tujuannya sama untuk mempromosikan sport tourism,” ujarnya.

Potensi olahraga wisata, lanjut Wawan, di DIY cukup besar karena kekayaan fasilitas dan lingkungannya. “Di Gunungkidul itu ada potensi besar di voli, kalau di Bantul itu potensi sport tourism pada kedirgantaraan karena ada paralayang, di Sleman kemarin ada Temple Run,” jelasnya.

Kekayaan potensi wisata olahraga tersebut, menurut Wawan, harus terus dikembangkan karena tren pariwisata semakin berkembang. “Sejak pandemi itu kesehatan dan olahraga jadi sektor yang penting dan diperhatikan, ini peluang bagus untuk makin mengembangkan sport tourism,” katanya.

Rencananya Mlaku Gasik akan terus diselenggarakan tahun depan. “Karena dari dua kegiatan sebelumnya respon masyarakat terutama wisatawan cukup antusias kami akan coba rancang dan evaluasi ulang untuk tahun depan,” ujarnya.

Kepala Dinpar Gunungkidul Mohamad Arif Aldian yang turut mengikuti acara tersebut mengapresiasi Dinpar DIY yang sudah membantu peningkatan wisata olahraga di daerahnya. “Kami tentu berterima kasih, ini jadi pemacu kami untuk terus mengembangkan sport tourism,” katanya, Sabtu (3/12/2022).

Arif menyebut Gunungkidul memiliki potensi wisata olahraga dengan kekayaan wisata alamnya. “Sport tourism di wilayah kami bisa dikolaborasikan dengan wisata lain, terutama wisata alam daN desa wisata,” jelasnya.

Olahraga wisata di tempat yang kekayaan wisata alamnya tinggi, jelas Arif, tentu punya nilai tambah tersendiri. “Kalau lari-lari di pinggir pantai itu kan nilai wisatanya cukup besar ya terutama bagi yang menggemari olahraga lari, selain itu kami juga punya desa wisata yang punya kekayaan budaya yang besar juga tentu ini patut dikembangkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rekor Pertumbuhan Ekonomi Jokowi Belum Mampu Saingi Era SBY, Ini Datanya!

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement