Advertisement

Sejumlah Keluarga Korban Longsor Gunungkidul Masih Bertahan di Pengungsian

Triyo Handoko
Senin, 05 Desember 2022 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Sejumlah Keluarga Korban Longsor Gunungkidul Masih Bertahan di Pengungsian Tim gabungan berhasil menemukan satu jasad korban tertimbun longsor di Dusun Blembem, Candirejo, Semin, Selasa (21/11/2022) - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Warga Pedukuhan Blembem, Kalurahan Candirejo, Semin, Gunungkidul yang jadi korban longsor masih bertahan di pengungsian. Total ada tujuh keluarga yang masih bertahan.

Alasan korban masih bertahan karena empat keluarga tersebut rumahnya hancur tertimbun longsor, sedangkan tiga keluarga karena rumahnya berdekatan dengan longsor sehingga ditakutkan ada longsoran susulan. Pengungsian yang mereka tinggali sekarang berada di gedung bekas gedung SDN Candirejo 2.

Advertisement

Koordinator penanganan pengungsi, Sri Hartanto menjelaskan pihaknya masih berkoordinasi dengan Pemkab Gunungkidul untuk menangani korban. "Para korban memiliki kerabat dekat sini, tapi sudah kami sarankan di posko saja demi kenyamanan," jelasnya, Senin (5/12/2022).

Hartanto yang juga Jogoboyo Kalurahan Candirejo menjelaskan persedian logistik untuk memenuhi kebutuhan pengungsi tersedia dengan baik. “Perkiraan kami logistiknya masih mencukupi kebutuhan tujuh keluarga ini sampai dua bulan ke depan,” katanya.

BACA JUGA: Erupsi Semeru Berpengaruh ke Merapi? Begini Penjelasan BPPTKG

Kalurahan Candirejo, jelas Hartanto, sudah menyiapkan berbagai kelengkapan pokok seperti air hingga listrik agar bisa digunakan warga pengungsi. “Fasilitas sudah lengkap dan logistik aman, meskipun ada kerabat kami minta mereka di sini saja karena paling aman,” ujarnya.

Hartanto juga terus berkoordinasi dengan Pemkab Gunungkidul, terutama berkaitan dengan kondisi warga di pengungsian. "Terkait itu mendapat hunian baru hasil relokasi, juga masih kami koordinasikan" jelasnya.

Diketahui sebelumnya tercatat ada sekitar 127 warga yang mengungsi pasca kejadian longsor. Sebelum menempati gedung bekas SD, korban longsor menempati aula milik Kalurahan Candirejo dan gedung PAUD di dekat situ.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polri Siapkan Pompa Air Antisipasi Banjir di Tol Saat Arus Mudik

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement