Advertisement

Penuh Haru, Ini yang Disampaikan Erina saat Sungkem kepada Ibundanya

Anisatul Umah
Jum'at, 09 Desember 2022 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Penuh Haru, Ini yang Disampaikan Erina saat Sungkem kepada Ibundanya Layar lebar yang menampilkan tayangan langsung prosesi siraman Erina Gudono yang dilakukan oleh ibundanya, Sofiatun Gudono (kiri). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Rangkaian prosesi pernikahan putra bungsu Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono digelar di rumah mempelai putri daerah Purwosari, Sinduadi, Kapanewon Mlati, Jumat (9/12/2022).

Pagi hari ini, sekitar pukul 09.00 WIB dilakukan upacara pasang bleketepe dan tuwuhan, serta siraman calon pengantin putri. Pemasangan bleketepe dilakukan oleh keluarga inti Erina. Ibu Erina, Sofiatun Gudono bersama saudara kandungnya Allen, Nadya, dan Shania.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Erina tampak mengenakan kebaya berwarna hijau muda, diapit kedua kakaknya sampai ke lokasi ngabekten. Lalu dia bersimpuh kepada sang ibu.

BACA JUGA: Amplaz Tetap Buka Saat Kaesang Menikah di Royal Ambarrukmo, Akses Kendaraan Dialihkan Lewat Barat

Erina menyampaikan sembah bakti dan terima kasihnya kepada sang Ibunda. Prosesi sungkeman berlangsung khidmat dan penuh haru. Erina menyampaikan terima kasih atas kasih sayang yang telah ibunya berikan sejak dalam kandungan hingga Erina dewasa.

"Cinta dan kasih ibu yang sejak kecil sudah Erina panggil mama merupakan anugerah terbaik Allah yang akan selalu Erina syukuri. Tidak dapat dibalas dengan apapun," ucapnya sambil bersimpuh.

Erina berdoa agar kasih sayang yang ibunya berikan menjadi amal jariyah yang tidak terputus. Dalam kesempatan yang bersejarah ini Erina memohon restu kepada ibundanya untuk memulai kehidupan baru.

"Untuk menjalani kehidupan berumah tangga dengan Mas Kaesang. Mohon maaf atas segala kesalahan dan semua yang tidak berkenan di hati Mama," kata Erina sambil terisak.

Setelah itu Ibunda Erina, Sofiatun Gudono menyampaikan pitutur dan wewarah. Dia menghaturkan rasa syukurnya bisa mengantarkan sang anak ke rumah tangga yang bahagia.

Dia mengenang waktu berjalan dengan begitu cepat, Erina yang dulu masih kecil lucu dan selalu membuatnya bahagia kini sudah siap untuk menjalani hidup mandiri.

"Bukan untuk berpisah, tetapi untuk saling menyayangi berdampingan dalam kewajiban membina rumah tangga. Ibu bangga padamu Erina yang selama ini banyak menghadirkan kebahagiaan dari mulai lahir sampai sekarang," kata sang Ibunda sambil sesekali menyeka air mata.

Dia mendoakan agar Erina dan Kaesang bisa menjadi keluarga yang bahagia, hidup rukun bersama-sama. Saling membantu penuh dengan kasih dan sayang. Pesannya kepada Erina untuk menjadi istri yang solehah dan setia.

"Maafkan mama karena masih kurang memberikan perhatian dan kasih sayang. Lebih-lebih mama ada banyak keterbatasan dalam memberi kasih sayang kepadamu Er. Mama berpesan jaga salat lima waktu," kata ibu Erina.

Erina menikah lebih dahulu dari dua kakaknya. Sehingga digelar upacara langkahan. Dia menyampaikan permintaan maaf karena mendahului kakak-kakaknya dalam membina rumah tangga. Sekaligus meminta doa restu agar acara pernikahannya berjalan lancar.

Setelah itu kedua kakanya, Allen dan Nadya menyampaikan ikrar keiklasan untuk didahului adiknya. Mereka juga mendoakan agar pernikahan Erina yang digelar besok, Sabtu (9/12/2022) bisa berjalan lancar.

"Adikku Erina yang Mas sayangi, kakak ikhlas lahir batin. Semua itu sudah menjadi suratan bahwa kamu mendapatkan jodoh terlebih dahulu. Doaku semoga pernikahan kamu yang akan dilaksanakan esok dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan kita bersama," ucap Allenn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rekor Pertumbuhan Ekonomi Jokowi Belum Mampu Saingi Era SBY, Ini Datanya!

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement