Advertisement

Dinkes Kota Jogja Lakukan Kick Off Vaksinasi Booster Tahap 2 untuk Lansia

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 15 Desember 2022 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dinkes Kota Jogja Lakukan Kick Off Vaksinasi Booster Tahap 2 untuk Lansia Sejumlah lansia melakukan vaksinasi booster tahap 2 di Balai Kota Jogja, Kamis (15/12/2022). - Harian Jogja/Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja menyelenggarakan vaksinasi booster tahap 2 bagi lansia di Balai Kota Jogja, Kamis (15/12/2022). Vaksinasi massal tersebut diselenggarakan untuk mendorong lebih banyak lansia yang mendapatkan vaksin booster.

Lana Unwanah, Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinkes Kota Jogja menyampaikan vaksinasi tersebut merupakan kick off vaksinasi booster tahap 2 bagi lansia. “Kita ingin sampaikan bahwa lansia saat ini sudah bisa diberikan dosis booster tahap 2,” katanya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan vaksinasi booster tahap 2 bagi lansia pada akhir November silam. Menurut Lana, menindaklanjuti kebijakan tersebut, puskesmas di Kota Jogja juga telah melayani vaksinasi booster bagi lansia sebelum adanya kick off ini.

“Mulai akhir November Puskesmas sudah mulai memberikan layanan dalam spot yang kecil dan lokal [jumlah yang tertentu di tiap puskesmas],” katanya.

Baca juga: Ini Penyebab Lutut Sakit saat Naik Turun Tangga dan Jongkok

Lana menyampaikan, dalam vaksinasi massal tersebut disediakan vaksin Pfizer untuk 200 orang. Lansia yang ingin mengakses layanan tersebut sebelumnya dapat mendaftarkan diri melalui Jogja Smart Service (JSS), atau dapat langsung datang ke lokasi vaksinasi.

Ia juga mengatakan Dinkes Kota Jogja tidak membatasi peserta vaksinasi, bagi yang belum mendapatkan vaksinasi booster tahap 1 pun dapat dilayani disana.

“Siapapun yang membutuhkan vaksin dosis dua pun tidak apa apa [dapat dilayani],” katanya.

Ia berharap vaksinasi booster tahap dua dapat dimanfaatkan lansia untuk meningkatkan perlindungan dirinya. “Ini sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh atau kekebalan yang mungkin sudah agak menurun karena sudah enam bulan [jarak waktu minimal dari vaksin sebelumnya], dan lansia banyak yang punya komorbid. Harapannya [lansia] bisa terlindungi dari paparan Covid, kalau pun kena jangan sampai yang terlalu berat gejalanya,” katanya.

Fajar, salah satu warga Kemantren Mergangsan mengantarkan kedua orang tuanya untuk vaksinasi booster tahap 2, setelah sebelumnya Januari 2022 telah melakukan vaksinasi booster tahap 1. Sebelumnya, ia telah mendaftarkan orang tuanya melalui JSS. Ia mengaku mengikuti vaksinasi tersebut karena kemudahan mendaftar melalui JSS. “Karena kalau di Puskesmas masih nunggu lama, dan jadwalnya harus cari sendiri, harus tanya langsung. Kalau di aplikasi [JSS] kita sudah tahu, bisa daftar juga, milih hari apapun bisa juga,” katanya.

Selain itu, Sholihin warga Kemantren Umbulharjo yang belum mendaftar melalui JSS, mengaku mendapatkan vaksinasi dengan cepat meski baru mendaftar di tempat. “Ini cepet datang langsung dapat [dilayani vaksinasi],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Muspusdirla Fasilitasi Program Cinta Tanah Air

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement