Advertisement

Transaksi Festival Industri Kreatif DIY Capai Ratusan Juta dalam 3 Hari

Sunartono
Selasa, 20 Desember 2022 - 02:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Transaksi Festival Industri Kreatif DIY Capai Ratusan Juta dalam 3 Hari Sejumlah stan dalam Festival Produk Industri Kreatif di Ambarrukmo Plaza, Minggu (19/12 - 2022). Ist/Pemda DIY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Transaksi Festival Produk Industri Kreatif yang digelar Dinas Perdagangan DIY selama tiga hari terakhir mencatatkan angka Rp400 juta. Festival itu digelar di di Atrium Plaza Ambarrukmo pada Jumat (16/12/2022) hingga Minggu (18/12/2022).

Kepala Dinas Perdagangan DIY Syam Arjayanti mengatakan kegiatan itu diikuti sebanyak 77 industri kecil dan menengah (IKM) yang merupakan hasil kurasi dari 252 IKM seluruh DIY. Ia memastikan semua IKM yang lolos kurasi dan mengikuti festival ini produknya sudah layak ekspor.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Langkah Bantul Menjadi Kota Kreatif Dunia Kian Terbuka

“IKM-IKM ini terdiri dari berbagai kategori usaha, di antaranya adalah fesyen, batik, aksesoris, kerajinan tangan, leather craft, food and beverages, kosmetik, dan furniture,” katanya Senin (19/12/2022).

Ia menambahkan selama tiga hari pelaksanaan, stan pameran itu dikunjungi sebanyak 7.500 orang. Adapun jumlah transaksi mencapai Rp400 juta selama tiga hari.  IKM peserta pameran ini mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan produknya di panggung utama atrium, sehingga lebih terekspose di venue yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di DIY.

“Transaksi mencapai Rp400 juta untuk semua jenis produk industri kecil, akan tetapi di luar itu adalah banyak IKM yang mencapai komitmen bisnis dengan beberapa buyer di kemudian hari. Karena kami menghadirkan buyer dari beberapa negara,” katanya.

Selain pameran dan promosi produk IKM, kegiatan ini juga disemarakkan dengan adanya temu kemitraan dengan para buyer mancanegara, talkshow business dari para narasumber dan expert, hiburan dari pelaku seni di DIY. Selain itu gebyar diskon yang memberikan harga khusus hanya di Festival Produk Industri Kreatif.

BACA JUGA : Penerbangan Jogja-Turki Perbesar Potensi DIY Kembangkan .

“Ini merupakan bentuk fasilitasi dari Disperindag DIY, di kegiatan ini kami mengadakan lomba promosi produk kreatif. Kami mendorong IKM mempromosikan secara mandiri melalui media yang ada. Kami memfasilitasi, hasil akhirnya juga akan bergantung dengan IKM masing-masing,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement