Advertisement

Penerbangan Jogja-Turki Perbesar Potensi DIY Kembangkan Ekosistem Industri Halal

Triyo Handoko
Kamis, 03 November 2022 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Penerbangan Jogja-Turki Perbesar Potensi DIY Kembangkan Ekosistem Industri Halal Menkop dan UMKM Teten Masduki saat memberikan sambutan pada Jogja Halal Festival di Jogja Expo Center (JEC), Kamis (3/11/2022). Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Gelaran Jogja Halal Festival bertujuan membangun ekosistem industri halal di DIY agar semakin berkembang.

Festival yang diikuti 250 badan usaha yang bergerak di sektor industri halal ini berharap trayek baru Jogja-Turki via Yogyakarta International Airport (YIA) makin menguatkan sektor ekonomi syariah.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Jogja Halal Festival dibuka oleh Wakil Presiden Maruf Amin lewat video conference. Dalam pembukaannya, Maruf menegaskan industri halal bersifat inklusif dan berpotensi menyelamatkan Indonesia dari resesi global.

“Semua orang dari berbagai kelompok manapun bisa terlibat di industri halal, kebutuhan produk industri halal juga terus meningkat artinya bisa dijadikan potensi Indonesia untuk menghindari resesi global,” ucap dia, Kamis (3/11/2022).

Berbagai sektor industri konvensional, jelas Maruf, berlomba-lomba memasuki industri halal. “Dari bank konvensional sampai wisata semuanya punya potensi melimpah dalam industri halal, pemerintah juga terus mendorong usaha kecil dan menengah [UMKM] untuk turut berpartisipasi mengembangkan usaha di industri halal,” ujarnya.

BACA JUGA: Covid-19 DIY Meledak Lagi, Sultan: Sudah Tidak Mungkin Pengetatan Lagi

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UMKM) Teten Masduki yang dalam sambutannya di Jogja Halal Festival menyebut sertifikasi halal bagi produk UMKM sudah digiatkannya. “Meskipun jumlahnya masih kecil, yaitu 6,1% dari seluruh total UMKM tapi akan saya gencarkan lagi,” jelasnya, Kamis pagi.

Teten menilai potensi UMKM DIY dalam industri halal sangat besar. “Ini kesempatan penting bagi UMKM, khususnya di DIY untuk bisa masuk ke industri halal dan mengembangakan usahanya makin besar,” ujarnya.

Advertisement

Industri halal, jelas Teten, tidak mengubah kondisi perekonomian yang ada. “Hanya menambah standar-standar produksi dan layanan yang ada, perbaikan ini jadi hal yang penting untuk diikuti agar terus bisa bersaing,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DIY, Heroe Poerwadi menjelaskan DIY berperan penting memajukan industri halal di Indonesia.

“Kami akan dorong untuk DIY bisa melakukan ekspor produk-produk halal, apalagi sekarang ada rute penerbangan Jogja-Turki,” katanya.

Advertisement

Rute penerbangan tersebut potensi meningkatkan nilai industri halal di DIY. “Nilai industri halal di DIY masih dalam perkiraan karena pandmei kemarin mengubah banyak hal, jadi perlu dikalkulasi kembali,” kata dia.

Sektor unggulan dalam industri halal di DIY, jelas Heroe, di antaranya adalah mebel, fesyen, kuliner, hingga wisata. “Kalau wisata sudah sangat berkembang, sudah banyak hotel syariah, kami ingin mendorong lagi destinasi wisata halal dengan memberikan layanan dampingan perbaikan standar layanan,” ujarnya.

Mantan Wakil Wali Kota Jogja ini menegaskan Industri halal tidak mengubah perekonomian yang ada, juga tidak untuk kelompok tertentu. “Industri halal ini sebuah keniscayaan karena pasarnya terus berkembang, misalnya, banyak di negara yang notabene bukan muslim tapi berkembang wisata halalnya seperti di Jepang, Korea, dan Thailand, makanya jangan sampai kalah saing,” tegasnya.

Fasilitasi terhadap pelaku ekonomi terutama UMKM, jelas Heroe, untuk masuk ke industri halal perlu dukungan pemerintah daerah. “Kami juga berharap Pemda DIY dan pemda kabupaten/kota turut mendukung lewat Dinas Koperasi dan UMKM agar di DIY terus berkembang industri halalnya,” jelasnya

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Bantul Hujan Tipis

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Natal, Patung Cokelat Sinterklas Terbesar di Indonesia Ada di Hotel Tentrem Jogja

Wisata
| Jum'at, 02 Desember 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement