Advertisement

Libur Akhir Tahun, Belum Ditemukan Parkir Nuthuk di Sleman

Anisatul Umah
Selasa, 27 Desember 2022 - 17:47 WIB
Bhekti Suryani
Libur Akhir Tahun, Belum Ditemukan Parkir Nuthuk di Sleman Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman belum menemukan kasus parkir nuthuk atau tak wajar di lokasi wisata dalam libur akhir tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dishub Sleman Arip Pramana.

Menurutnya sosialisasi telah dilakukan kepada pengelola tempat wisata dan juru parkir agar menerapkan harga parkir sesuai dengan ketentuan. Kantong-kantong parkir di tempat wisata, kata Arip, telah siap. Baik di Tebing Breksi, Obelix, Kaliurang, dan lainnya.

Advertisement

"Bila ada [parkir nuthuk] masyarakat bisa melaporkan melalui kanal Lapor Sleman, nomor aduan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) pengelola perparkiran Dishub Sleman yang tercantum pada rompi juru parkir, maupun media sosial Dishub," ucapnya dihubungi Harianjogja.com, Selasa (27/12/2022).

Arip menjelaskan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No 6 Tahun 2022 atas perubahan Perda No 6 Tahun 2015 tentang Perparkiran pasal 23 ayat (3) Setiap pemilik izin yang melanggar ketentuan dikenakan sanksi administrasi.

Sanksi tersebut berupa teguran lisan, peringatan tertulis, penghentian sementara sebagian atau seluruh kegiatan usaha, penyegelan fasilitas parkir, pencabutan izin, dan/atau penutupan fasilitas parkir.

"Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada keluhan dari masyarakat yang masuk ke Lapor Sleman maupun nomor kontak aduan parkir Sleman," jelasnya.

Sebanyak 71 personil Dishub diturunkan untuk mengamankan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). "Terbagi di Posko Tempel, Prambanan, dan Ambarrukmo Plaza."

BACA JUGA: Polisi Identifikasi Pembobol Rumah Jaksa KPK yang Tangani Kasus Haryadi Suyuti

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Ishadi Yazid mengatakan sejauh ini libur Nataru di lokasi wisata Sleman berjalan kondusif. Kemacetan masih terkendali, pelaku wisata juga normal dalam menerapkan tarif wajar seperti biasa. Pelaku wisata di Sleman tidak ada yang memanfaatkan aji mumpung di momen libur Nataru sampai hari ini.

"Gak ada, jadi apa yang kami khawatirkan terkait libur Nataru aji mumpung insyaallah tidak terjadi di Sleman. Semoga saja tidak terjadi." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik, Jumat 27 Januari 2023: Wates dan Wonosari Kena Giliran

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Kemenparekraf Optimistis Jumlah Wisatawan 2023 Naik

Wisata
| Kamis, 26 Januari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement