Advertisement

Polisi Identifikasi Pembobol Rumah Jaksa KPK yang Tangani Kasus Haryadi Suyuti

Yosef Leon
Selasa, 27 Desember 2022 - 13:57 WIB
Sunartono
Polisi Identifikasi Pembobol Rumah Jaksa KPK yang Tangani Kasus Haryadi Suyuti Kapolrest Jogja Kombes Pol Idham Mahdi saat memberikan keterangan pers, Selasa (27/12/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kepolisian Resor Kota (Polresta) Jogja mengklaim sudah mengidentifikasi pelaku pencurian yang membobol rumah seorang jaksa KPK di kawasan Wirobrajan, Kota Jogja. Pelaku diketahui menggunakan kendaraan sepeda motor roda dua saat beraksi menjalankan aksinya yang mengakibatkan sejumlah barang korban hilang. 

"Sudah kami identifikasi yang melakukan tindak pidana itu melalui CCTV, kemudian dari beberapa titik yang dipetakan nanti akan kami lakukan juga pemeriksaan lebih lanjut," kata Kapolresta Jogja Kombes Pol Idham Mahdi, Selasa (27/12/2022). 

Advertisement

Idham menyebutkan, dari rekaman CCTV yang diperoleh kesimpulan baru mengarah pada kendaraan yang digunakan oleh pelaku. Ia belum memastikan berapa orang yang terlibat dalam aksi pencurian yang mengakibatkan sejumlah barang milik jaksa tersebut raib. 

BACA JUGA : Rumah Jaksa KPK di Jogja Disatroni Maling

"Jumlahnya belum bisa kamisimpulkan dan masih dalam pendalaman lagi. Cuma ada beberapa kendaraan yang sudah teridentifikasi," ucapnya. 

Menurut Idham, pelaku pencurian masuk ke dalam rumah korban dengan cara merusak pintu gerbang dan pintu rumah utama. Kemudian membawa sejumlah barang berharga milik korban. Rumah itu diketahui dalam kondisi kosong lantaran ditinggalkan korban berlibur ke Wonogiri. 

"Ada beberapa yang dirusak berupa pintu depan masuk dan gerbang. Barang yang diambil itu laptop dan juga hardisk eksternal, ponsel serta rekaman CCTV," jelasnya. 

Data Penting

Kasat Reskrim Polresta Jogja AKP Archye Nevadha menyebut, selain menggondol satu unit laptop pencuri juga mengambil satu unit handphone dan juga rekaman CCTV dari rumah korban. "Yang diambil itu tas isinya laptop sama hardisk eksternal kemudian ada DVR CCTV dan HP yang ditaruh di meja juga diambil," katanya. 

Polresta Jogja menggandeng unit Jatanras Polda DIY untuk mengusut motif pelaku melakukan aksi tersebut. Dia juga tidak mau berasumsi terkait dengan dugaan sejumlah berkas yang tersimpan dalam laptop milik jaksa, merupakan data penting yang berkaitan dengan kasus eks Walikota Jogja Haryadi Suyuti seperti yang diutarakan oleh lembaga antirasuah. 

BACA JUGA : Mencurigakan! Maling di Rumah Jaksa KPK di Jogja Bawa 

"Korban hanya menyampaikan soal barang yang hilang saja. Tidak ada penjelasan soal apa isi laptop dan berkasnya," ungkapnya. 

Beberapa saksi telah diperiksa dalam insiden pencurian yang terjadi pada Sabtu sore itu yakni saksi mata yang pertama kali melihat rumah telah dibobol, tetangga korban, serta FAN selaku korban pencurian. 

"Kami juag sudah bawa CCTV yang berasal dari TKP di sekitar lokasi. Ada beberapa yang kita ambil mulai dari sekitar TKP dan juga di luar TKP," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim Konstitusi Arief Hidayat Tak Terbukti Melanggar Kode Etik

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement