Advertisement

Pernah Populer, Objek Wisata di Sleman Ini Kini Terbengkalai

Anisatul Umah
Selasa, 27 Desember 2022 - 21:47 WIB
Bhekti Suryani
Pernah Populer, Objek Wisata di Sleman Ini Kini Terbengkalai Kondisi Pasar Tani Tegal Loegood yang mangkrak, Selasa (27/12/2022) - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Pandemi Covid-19 menyasar semua sektor salah satunya wisata. Seperti yang menimpa tempat wisata di Tegal Loegood Sukorejo, Girikerto, Turi, Sleman. Objek wisata tersebut kini terbengkalai akibat pandemi.

Pada Februari 2020 Pasar Tani Tegal Loegood buka setiap akhir pekan. Menyajikan berbagai jenis jajanan dan ramai dikunjungi wisatawan. Tegal Loegood juga terkenal dengan UMKMnya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Pengelola tempat wisata Tegal Loegood, Sutrisno mengatakan akan menghidupkan kembali wisata di Tegal Loegood seperti saat awal buka di 2020. Sebelum pandemi menurutnya wisata seperti Pasar Tani ramai dikunjungi sampai 300-an orang.

"Jelas dampak pandemi [menjadi mangkrak]. Kami buka Februari 2020 baru launching terus pandemi. Agustus 2021 buka lagi pada Desember 2021 ada Corona lagi, sekarang tutup tapi mau buka lagi," ucapnya ditemui di Tegal Loegood, Selasa (27/12/2022).

Pasar Tani Tegal Loegood yang dulu sempat jaya kini nampak tak terurus dan nyaris roboh. Sutrisno mengatakan nantinya saat kembali dibangun tidak akan menggunakan bambu tapi menggunakan tenda, sehingga bisa dipindahkan jika diperlukan untuk acara lain.

"[yang dijual] khusus makanan. Kalau yang khas itu dawet duren. Dulu ada pedagang-pedagang dari luar sini, tapi sepi [akibat pandemi] terus lama-lama tutup. Tapi mau bikin lagi [dihidupkan kembali]," jelasnya.

BACA JUGA: Jokowi Berencana Hapus PPKM, Begini Respons Sultan HB X

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membenarkan mangkraknya lokasi wisata di Tegal Loegood akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan membantu untuk mempromosikan kembali agar wisata di Sleman bisa kembali bangkit.

"UMKMnya kan ada 70-an, isinya bagus. Oleh karena itu bagaimana setiap wisata khususnya di Girikerto ini bisa meningkatkan UMKM," kata Kustini.

Dia berharap UMKM yang ada di Girikerto bisa naik kelas melalui pemasaran online. Produknya, kata Kustini, juga sudah cukup bagus. "Nanti kami betulkan semua bareng-bareng dengan bapak lurah. Kira-kira yang mangkrak apa nanti akan kami betulkan." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rekor Pertumbuhan Ekonomi Jokowi Belum Mampu Saingi Era SBY, Ini Datanya!

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement