Advertisement

Kader Muhammadiyah Antar Syauqi Suratno Serahkan Dukungan Balon DPD ke KPU DIY

Sunartono
Rabu, 28 Desember 2022 - 07:57 WIB
Sunartono
Kader Muhammadiyah Antar Syauqi Suratno Serahkan Dukungan Balon DPD ke KPU DIY Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan saat menerima berkas dukungan perseorangan dari bakal calon anggota DPD RI Syauqi Suratno, Selasa (27/12/2022) sore. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jajaran Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY mengantar perwakilannya, Syauqi Suratno untuk menyerahkan bukti dukungan perseorangan bakal calon (balon) DPD RI ke Kantor KPU DIY, Selasa (27/12/2022) sore.

Sejumlah tokoh yang mengantar Syauqi antara lain Wakil Ketua PWM DIY Azman Latif, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah DIY Zulaikha, anggota DPD RI perwakilan Muhammadiyah, Afnan Hadikusumo serta puluhan dari perwakilan amal usaha Muhammadiyah. Penyerahan berkas dukungan perseorangan itu diterima langsung oleh Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan. Selain menerima berkas, petugas dari KPU melakukan verifikasi langsung terhadap berkas yang disampaikan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : 11 Orang Daftar Jadi Calon Anggota DPD RI ke KPU DIY

“Karena jumlah pemilih di DIY sekitar 2,7 juta maka balon DPD minimal menyerahkan dukungan 2.000 orang, tersebar di tiga kabupaten. Setelah penyerahan kepada kami, kami akan periksa dokumen naskah asli file cetak kami cocokkan dengan yang digital,” kata Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan saat menerima rombongan dari Syauqi.

Dalam kesempatan itu Syauqi membawa sebanyak 4.912 dukungan dari masyarakat di lima kabupaten/kota DIY, terdiri atas dari Gunungkidul 1137, Kulonprogo 520, Sleman 1474, Bantul sebanyak 906 dan Kota Jogja 875 orang.

Wakil Ketua PWM DIY Azman Latif menegaskan keputusan dukungan kepada Syauqi sebagai wakil Muhammadiyah untuk maju ke DPD RI merupakan hasil musyawarah yang didukung seluruh unsur di Muhammadiyah. Mulai dari organisasi otonomi, amal usaha seperti sekolah, universitas rumah sakit sepakat satu suara mendukung Syauqi.

“Full kekuatan termasuk kami merupakan konsolidasi organisasi persyarikatan sekaligus memberikan dukungan untuk ke DPD,” ujarnya.

Mantan Asisten Sekda di Gunungkidul ini memastikan akan melakukan sosialisasi secara struktural melalui jalur pimpinan daerah Muhammadiyah, cabang hingga ranting. “Selain itu akan menjaring pihak dari luar Muhammadiyah seperti komunitas hingga kalangan milenial,” katanya.

BACA JUGA : Sambut Tahun Politik, KPU DIY Lakukan Sejumlah Upaya

Syauqi Suratno menyatakan dukungan Muhammadiyah untuk dirinya merupakan mandat sekaligus Amanah yang harus dijaga. Dukungan itu akan bermanfaat tidak hanya untuk Muhammadiyah namun juga masyarakat DIY dan secara umum bangsa Indonesia.

“Karena ini amanah dan Muhammadiyah lahir untuk bangsa, maka mari kita perjuangkan bersama agar harapan pendahulu bangsa ini bisa terwujud dari DIY,” ucapnya.

Dalam membawa dukungan perseorangan tersebut, lanjutnya, sudah melebihi angka minimal. Dukungan itu berasal dari 78 kapanewon/kemantren seluruh DIY. “Dukungan ini akan bisa utuh bahkan tidak hanya internal Muhammadiyah tetapi juga komunitas dari mitra persyarikatan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Turki, Kemlu Evakuasi 104 WNI yang Terdampak

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement