Advertisement

KPU Bantul Teken Kerja Sama Dukungan Pemilu dengan 8 OPD di Bantul

Media Digital
Rabu, 28 Desember 2022 - 11:50 WIB
Sunartono
KPU Bantul Teken Kerja Sama Dukungan Pemilu dengan 8 OPD di Bantul Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho saat menandatangani kerja sama dengan OPD di Bantul. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--KPU Bantul melakukan penandatanganan kerja sama dengan delapan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bantul. Adapun perangkat daerah tersebut yaitu Dinas Kominfo, Dinas Dukcapil, Dinas Dikpora, Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan, BPKPAD serta Badan Kesbangpol Bantul.

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho menjelaskan kerja sama dengan perangkat daerah ini merupakan tindak lanjut dari MOU yang telah ditandatangani antara KPU Bantul dengan Bupati Bantul beberapa waktu yang lalu. Perangkat daerah yang melakukan tandatangan kerja sama ini selanjutnya akan mengimplementasikan kerjasamanya baik dalam tahapan Pemilu maupun dalam tahapan pemilihan kepala daerah 2024. Nantinya OPD akan fokus pada kerja sama sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : KPU Bantul Buka Lowongan PPK, Honor Rp2,5 Juta

“Di antaranya Dinas Kominfo yang akan fokus pada kerja sama dalam hal publikasi dan informasi kepemiluan, Dinas Dukcapil akan fokus pada kerjasama dalam pemutakhiran data pemilih, Dinas Kebudayaan akan fokus pada sosialisasi tahapan pemilu dan pemilihan dengan melibatkan para pelaku budaya. Kemudian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan fokus pada perawatan dan penyimpanan arsip hasil pemilu dan pemilihan kepala daerah, Badan Kesbangpol akan fokus pada Pendidikan pemilih dan Pendidikan politik kepada masyarakat Bantul,” katanya, Rabu (28/12/2022).

Didik berharap melalui kerja sama dengan perangkat daerah ini dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Bantul serta dapat mewujudkan tujuan Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo yang turut menyaksikan penandatanganan kerja sama ini berharap agar perangkat daerah berkomitmen mewujudkan kerjasama dengan sebaik-baiknya. Kerja sama dengan KPU Bantul ini akan menjadi kontribusi perangkat daerah dalam hal ini dinas/ badan untuk rakyat Bantul.

BACA JUGA : Begini Skenario Rancangan Dapil di Bantul untuk Pemilu 2024

“Kerja sama antara KPU Bantul dengan perangkat daerah Pemkab Bantul ini sejalan dengan tujuan pemerintah Bantul yaitu mewujudkan masyarakat Bantul lebih baik dan lebih sejahtera. Pemerintah Kabupaten Bantul memberikan apresiasi yang tinggi kepada KPU Bantul yang telah melaksanakan Pemilu 2019 maupun Pemilihan kepala daerah 2020 dengan aman, lancar dan kondusif,” katanya.

Pelaksanaan pemilu dan Pemilihan di Bantul juga mencatatkan partisipasi pemilih yang cukup tinggi dengan rata-rata diatas 80%. KPU Bantul dapat membangun komunikasi dengan baik dengan semua pihak antara lain dengan perangkat daerah, instansi terkait dan tentunya dengan partai politik. “Dengan modal pengalaman dan prestasi baik ini KPU Bantul dapat melaksanakan Pemilu 2024 berkualitas sesuai dengan tagline Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Turki, Kemlu Evakuasi 104 WNI yang Terdampak

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement