Advertisement

Pemda DIY Minta Kerumunan Tidak Terpusat di Malioboro saat Malam Tahun Baru

Sunartono
Jum'at, 30 Desember 2022 - 22:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemda DIY Minta Kerumunan Tidak Terpusat di Malioboro saat Malam Tahun Baru Ilustrasi pesta kembang api pada perayaan tahun baru - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY mengimbau kepada masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun tidak terpusat di satu tempat seperti Kawasan Malioboro.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan Pemda DIY melalui dinas terkait dan beberapa pihak swasta telah menggelar sejumlah titik kegiatan di wilayah DIY untuk perayaan malam pergantian tahun. Tujuannya agar masyarakat yang akan merayakan tidak terpusat di satu titik, terutama di Kawasan Malioboro. Menurutnya konsep ini sejalan dengan petunjuk dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Advertisement

BACA JUGA : Cegah Kemacetan, Alun-Alun Selatan Jogja Ditutup Jelang Malam Pergantian Tahun

“Kami ada beberapa panggung hiburan sesuai dengan arahan Ngarso Dalem bahwa kita tidak boleh menyentralkan di Malioboro dan sekitarnya, terutama supaya keramaian itu merata tidak hanya terpusat,” katanya di Kompleks Kepatihan, Jumat (12/12/2022).

Ia berharap dengan pola penyebaran event malam pergantian tahun tersebut harapannya tidak terjadi kerumunan berlebihan di tengah kota. Selain itu untuk meminimalisasi kemacetan di area Kota Jogja.

“Untuk menjaga agar masyarakat tidak berkerumun dan berdesak-desakan kecuali yang diselenggarakan Pemda seperti Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata juga komponen masyarakat ada yang buat panggung sendiri,” ucapnya.

Pemda DIY sudah meminta kepada penyelenggara event maupun destinasi wisata agar dapat meminimalisasi Ketika terjadi pengunjung berlebihan. Kondisi ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA : Pesta Kembang Api Akan Hiasi Malam Pergantian Tahun di Gunungkidul

“Kami sudah menyampaikan ke masyarakat supaya penyelenggaraan terutama hiburan masyarakat diatur sedemikian rupa, supaya tidak berdekatan diprediksi kira-kira pengunjung dengan lokasi sesuai atau tidak,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Serangan Israel ke Iran, Harga Minyak Melonjak

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement