Advertisement

Ini Rekayasa Jalur Wisata ke Pantai Gunungkidul Saat Tahun Baru

David Kurniawan
Jum'at, 30 Desember 2022 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Ini Rekayasa Jalur Wisata ke Pantai Gunungkidul Saat Tahun Baru Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Jajaran Satlantas Polres Gunungkidul menyiapkan rekayasa arus lalu lintas selama libur tahun baru. rekayasa dilakukan untuk mengurai terjadi kepadatan arus kendaraan.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP A Purwanta mengatakan, sudah membuat peta jalur wisata selama libur Natal dan Tahun Baru. Untuk wisatawan dari Kota Jogja diarahkan masuk melalui jalan Playen - Paliyan, langsung ke Tronwono-Planjan-TPR JJLS dan masuk ke Pantai Baron.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Adapun untuk wisatawan dari arah Wonogiri/Solo yang melalui Semin ke arah Karangmojo, lanjut ke Wonosari-Mulo-Tanjungsari-TPR Baron masuk ke Pantai. Selain itu, juga ada rekaysa jalur kepulangan untuk mengurangi kepadatan arus kendaraan, khususnya di jalur Jogja-Wonosari.

Menurut dia, untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi atau roda dua diarahkan pulan melalui JJLS menuju wilayah Bantul. Opsi kedua dengan melalui jalur Dlingo menuju Imogiri, Bantul.

 “Jalur alternatif hanya untuk kendaraan pribadi. Sedangkan bus besar tetap lewat di jalur utama Jogja-Wonosari,” katanya.

Selain menyiapkan rekayasa arus lalu lintas, selama libur berlangsung juga dipersiapkan tim ganjal ban. Tim ini disiagakan tingkungan Slumprit di Kapanewon Patuk, serta di kawasan pantai.

“Kami menempatkan personel ganjal ban saat malam tahun baru dan tahun baru. Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar,” kata Purwanta.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian mengatakan, pada saat malam pergantian tahun diprediksi terjadi hujan. Ia pun meminta kepada pengunjung untuk berhati-hati agar tidak terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan saat berwisata.

“Kami mengimbau kepada seluruh pengunjung yang berwisata ke Pantai Selatan mematuhi rambu-rambu peringatan, serta mematuhi anjuran dari petugas,” kata Aldian.

Menurut dia, untuk kelancaran malam pergantian tahun sudah melakukan koordinasi lintas sektor. Pengamanan tidak hanya melibatkan personel dari TNI dan Polri, melainkan juga ada kerja sama dengan Satlinmas Rescue Istimewa serta internal di lingkup pemkab mulai dari Satpol PP hingga dinas perhubungan.

“Koordinasi bertujuan agar semua dapat berjalan dengan lancar. sebab, saat kunjungan ada beberapa potensi seperti kemacetan hingga kecelakaan laut,” katanya.

BACA JUGA: Angka Kriminalitas di Gunungkidul Naik, Ternyata Ini Penyebabnya...

Dia menambahkan, seluruh personel akan disiagakan untuk melayani pembelian tiket masuk di setiap TPR. Adapun tiket ada yang berlaku satu pengunjung, dua, delapan, 30 hingga 40 pengunjung.

“Kami siapkan seluruh personel untuk mempercepat antrean sehingga tidak terjadi penumpukan calon pengunjung di TPR,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banyak Pemda Pertahankan Status Kemiskinan di Daerahnya, Kenapa?

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement