Advertisement

Libur Tahun Baru, Begini Strategi Pemkot Jogja Menyiasati Kekurangan Lahan Parkir

Newswire
Sabtu, 31 Desember 2022 - 07:07 WIB
Bhekti Suryani
Libur Tahun Baru, Begini Strategi Pemkot Jogja Menyiasati Kekurangan Lahan Parkir Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Perhubungan Kota Jogja akan mengoptimalkan kantong-kantong parkir yang sudah ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan wisatawan saat libur akhir tahun termasuk saat merayakan momentum malam pergantian tahun.

"Mayoritas wisatawan berkunjung ke Malioboro. Dan di kawasan tersebut ada sejumlah tempat parkir yang bisa dimanfaatkan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif di Jogja, Jumat (30/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Menurut dia, kapasitas tempat parkir yang ada memang tidak akan cukup menampung semua kendaraan pengunjung yang akan datang, tetapi bisa dilakukan optimalisasi pemanfaatannya.

"Selama ini, masyarakat memiliki kebiasaan untuk parkir di lokasi paling dekat dengan tempat tujuan sehingga terkadang kesulitan mencari ruang parkir kosong," katanya.

Padahal, lanjut dia, ada beberapa tempat parkir yang masih menyediakan ruang kosong dan berada di kawasan yang sama, meskipun lokasinya sedikit lebih jauh.

Salah satu contohnya adalah Parkir Sriwedani yang biasanya masih menyediakan ruang kosong untuk parkir saat merayakan pergantian tahun.

Seluruh tempat khusus parkir (TKP) yang biasanya digunakan untuk parkir bus pariwisata akan dioptimalkan untuk menampung kendaraan pribadi masyarakat atau wisatawan, seperti TKP Abu Bakar Ali, Senopati, dan Ngabean.

"Karena pada malam pergantian tahun akan didominasi kendaraan pribadi, maka TKP diizinkan untuk digunakan sebagai tempat parkir kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor," kata Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Imanudin Aziz.

Selain tempat khusus parkir, optimalisasi parkir juga akan dilakukan untuk parkir tepi jalan umum dengan tarif sesuai aturan yang berlaku.

BACA JUGA: Kepadatan Kendaraan Malam Tahun Baru di Jogja Diprediksi Merata, Malioboro dan Tugu jadi yang Paling Padat

Ia pun mengimbau wisatawan untuk tidak segan bertanya ke pengelola parkir sebelum memarkir kendaraan termasuk tarif parkir. Jika terjadi pelanggaran, maka akan ditindak tegas.

Selain optimalisasi parkir, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga menyiapkan petugas yang akan bertugas di beberapa titik yang berpotensi terjadi kepadatan lalu lintas seperti Jalan Malioboro, Jalan Margo Utomo, dan Tugu Yogyakarta.

Sedangkan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta Taokhid meminta masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan terkait keamanan dan ketertiban untuk mengantisipasi berbagai potensi kerawanan.

"Keramaian saat libur tahun baru atau saat malam pergantian tahun perlu diantisipasi. Di wilayah sudah ada Linmas dan juga ada gerakan Jaga Warga hingga Kampung Panca Tertib. Seluruhnya akan diminta untuk pengendalian potensi kerawanan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Satu Tahun Perlawanan, Warga Wadas Gelar Pentas Seni dan Dirikan Patung

News
| Kamis, 09 Februari 2023, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Buyer Terkesan saat Membuat Ecoprint & Jalan-jalan ke Tamansari

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 06:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement