Advertisement

3 Wisata Paralayang Jogja yang Siap Menguji Adrenalinmu

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 02 Januari 2023 - 15:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
3 Wisata Paralayang Jogja yang Siap Menguji Adrenalinmu Foto Ilustrasi. - Solopos/Sunaryo Haryo Bayu

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja menyajikan wisata paralayang di beberapa lokasi. Selain menguji adrenalin, wahana ini juga menawarkan keindahan alam selama wisatawan terbang. 

Lokasi paralayang di Jogja tidak hanya di Parangtritis tetapi sudah dapat ditemui di kabupaten lain seperti Kulonprogo.

Advertisement

Berikut ini, tiga lokasi paralayang yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Jogja:

1. Watugupit Parangtritis

Pecinta olahraga paralayang tentu sudah tidak asing dengan tempat ini. Ya, Watugupit Parangtritis atau yang lebih dikenal dengan Bukit Paralayang Watugupit adalah salah satu spot paralayang terbaik Jogja yang berlokasi di Parangtritis. Meski berdekatan dengan Pantai Parangtritis Bantul, tetapi secara geografis Watugupit terletak di Gunungkidul tepatnya di Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul.

Lokasinya mudah dijangkau. Dari Pantai Parangtritis, arahkan kendaraan ke timur dan menuju Jalan Panggang. Setelah bertemu pertigaan, belok kanan, naik bukit dan Anda akan sampai. Lokasi wisata adrenalin ini buka mulai 9.00 WIB pagi. Bagi yang hanya ingin menikmati keindahan pemandangan dari atas bukit cukup membayar tiket Rp10.000 per orang. Namun untuk naik paralayang harus menyiapkan minimal Rp300.000 untuk sekali terbang.

Pengalaman terbang dari atas Watugupit jelas tak akan terlupakan. Sebab, Anda bisa terbang sembari menikmati indahnya Pantai Parangtritis dan birunya Samudera Hindia yang luas, perbukitan Bantul yang hijau nan asri, serta Gumuk Pasir Parangtritis yang menawan. Tak perlu takut untuk terbang karena bagi Anda yang pemula, akan didampingi oleh seorang guide atau pendamping yang sudah ahli di bidangnya.

2. Embung Batara Sriten

Siapa bilang wisata di embung hanya bisa melihat air? Di Embung Batara Sriten, Nglipar, Gunungkidul, Anda bisa menjajal sensasi naik paralayang. Terbang dari sini, Anda akan bisa menyaksikan keindahan Rawa Jombor, Klaten dan juga Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah.

Spot paralayang ini juga menjadi lokasi digelarkan Paralayang Gunungkidul Open 2017. Pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan sekaligus hawa dingin karena Embung Sriten berada di ketinggian 950 meter di atas permukaan laut.

3. Giri Sembung Kulonprogo

Lokasinya berada di Sumbersari, Banjarasri, Kalibawang, Kulonprogo. Spot paralayang di sini masih terbilang baru karena baru dibuka sekitar pertengahan tahun 2021.

Baca juga: Incaran saat Liburan, Ini 5 Tempat Wisata Berhawa Dingin di Jogja

Diberitakan Harianjogja.com sebelumnya spot parayalang ini dibuka setelah ada koordinasi antara Pengda Paralayang DIY dengan TNI AU di Lanud Adisutjipto. Sejumlah persyaratan telah terpenuhi dan akhirnya kegiatan terbang dengan paralayang di puncak Bukit Giri Sembung ini bisa dilakukan secara legal.

Selain menawarkan wisata adrenalin, Puncak Giri Sembung juga menawarkan wisata alam yang indah. Wisatawan yang berparalayang bisa menyaksikan hamparan perbukitan dan persawahan saat terbang dari puncak. Selain itu saat terbang di pagi hari dan cuacanya cerah, pemandangan Merbabu dan Merapi akan terlihat jelas. Saat siang hari juga bisa terlihat Candi Borobudur.

Itulah tiga spot paralayang favorit di Jogja yang patut Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement