Advertisement

Longsor di Proyek Perumahan Sleman, Bupati Segera Panggil Pengembang

Anisatul Umah
Selasa, 03 Januari 2023 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Longsor di Proyek Perumahan Sleman, Bupati Segera Panggil Pengembang Proses evakuasi korban yang tertimbun tanah di proyek pembangunan Wedomartani, Ngemplak, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo akan memanggil pengembang pasca kejadian longsor tanah galian talut yang menimbun empat pekerja proyek perumahan di Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Sleman, Senin (2/1/2023) kemarin.

Dia mengatakan galian yang dalam ini tidak dibarengi dengan alat penopang atau alat pelindung di kedua sisi taludnya. Berdasarkan informasi yang didapatkan, kondisi tanahnya labil dan berpasir sehingga jika dikeruk tanah bagian atasnya bergoyang. Kondisi ini, kata Kustini, berbahaya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Saya minta upaya evakuasi diselesaikan dulu. Baru selesai itu nanti kami komunikasi dengan pihak pengembang terkait dengan kejadian itu. Supaya ada evaluasi dalam proses pengerjaan," ucapnya, Selasa (3/1/2023).

Kustini meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman bisa melakukan evakuasi secepatnya. Proses evakuasi juga harus dilakukan dengan hati-hati karena masih musim hujan.

"Kemarin sore saya langsung minta BPBD untuk melakukan proses evakuasi. Karena kondisi taludnya cukup dalam, saya minta proses evakuasi dilakukan hati-hati," paparnya.

BACA JUGA: Empat Pekerja Proyek Tertimbun Longsor, Satu Meninggal

Terkait dengan izin perumahan, Kustini memastikan pembangunan perumahan bernama Sumber Baru Land sudah mendapatkan izin dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sleman sejak Desember 2021.

Kustini menyayangkan proses pembangunan talud dengan kedalaman enam meter yang kurang memperhatikan banyak hal. Menurutnya pengembang harus memperhatikan alat pelindung diri, kondisi kontur tanah hingga kondisi cuaca. "Kalau itu [perizinan] sudah ada. Tidak ada masalah," lanjutnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman Mirza Anfansury. Menurutnya izin lokasi sudah diberikan sejak 2017, perumahan di kawasan Candi Gebang, Wedomartani Ngemplak.

"Sedangkan untuk Sumber Baru Land untuk bangunan perumahan perizinan sudah dikeluarkan DPMPTSP bulan Desember 2021," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AP I Mengaku Belum Terima Info soal Pengurangan Jumlah Bandara Internasional

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement