Advertisement

Lebih dari 30 Persen PPK Pemilu Sleman dari Kalangan Perempuan

Anisatul Umah
Kamis, 05 Januari 2023 - 10:37 WIB
Sunartono
Lebih dari 30 Persen PPK Pemilu Sleman dari Kalangan Perempuan Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Sebanyak 85 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 Kabupaten Sleman dilantik hari ini, Rabu (4/1/2023) di The Alana Hotel and Convention Center, Ngaglik, Sleman. Dari 85 orang yang dilantik 36,47 persennya adalah perempuan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman, Trapsi Haryadi mengatakan pendaftar PPK di Sleman animonya cukup besar, mencapai hampir 500 orang. Meningkat tajam dari periode sebelumnya sekitar 300 orang.

BACA JUGA : Seleksi PPK Gunungkidul Kelar, Kuota Perempuan di Dua

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Kami lantik 85 orang dengan komposisi kalau menurut undang-undang dan peraturan KPU memperhatikan minimal 30 persen kuota perempuan. Dan di Kabupaten Sleman ini sejumlah 36,47 persen kuota perempuan. Saya kira ini kuota yang cukup baik," ucapnya, Rabu (4/1/2023).

Dia menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman. Di antaranya pembebasan  biaya administrasi untuk pemeriksaan kesehatan bagi penyelenggara Pemilu di Kabupaten Sleman. "Nanti di bulan Desember 2023 juga ada 30 ribu KPPS dan petugas ketertiban di TPS yang dibebaskan administrasi pembayaran."

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan pemenuhan minimal 30 persen kepesertaan perempuan menjadi kewajiban yang diatur dalam undang-undang. Ini menjadi ruang bagi perempuan yang ingin terjun ke dunia politik.

"Kami berikan ruang dan menghargai atensi dan kinerja perempuan Indonesia untuk tetap punya hak yang sama di bidang apapun. Dari sananya 30 persen, mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan perempuan yang punya bakat, minat, dan keyakinan untuk terjun di dunia politik baik di partai politik (Parpol) PPK dan lainya," kata Danang.

BACA JUGA : KPU Bantul Lantik 85 PPK untuk Pemilu 2024

Lebih lanjut Danang mengatakan anggota PPK patut berbangga karena bisa menjadi bagian penting dari proses demokrasi yang ada di negara ini. Disisi lain PPK juga punya tanggung jawab besar membantu KPU dalam menyukseskan Pemilu 2024.

"Pelantikan ini perlu disyukuri kareena 2023 ini tahapan Pemilu akan segera dimulai sehingga keberadaan PPK ini bisa membantu tugas KPU."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1 Anak Pasien Gagal Ginjal Dirawat di Solo

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement