Advertisement

Asyik Menjahit, Warga Lendah Ini Malah Meninggal Dunia Kesetrum

Catur Dwi Janati
Jum'at, 13 Januari 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Asyik Menjahit, Warga Lendah Ini Malah Meninggal Dunia Kesetrum Polisi mendatangi lokasi kejadian insiden orang tersengat listrik di Lendah. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Seorang pria meninggal dunia akibat tersetrum mesin jahit. Kabel yang mengelupas diduga jadi sebab aliran listrik merambat ke mesin jahit. 

Kasi Humas Polres Kulonprogo, Iptu Triatmi Noviartuti menerangkan polisi mendatangi lokasi kecelakaan warga yang diduga tersetrum di Lendah. Diduga korban W, 56, tersengat arus listrik dari kabel mesin jahit yang mengelupas. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Benar pada Kamis [12/1/2023] sekitar pukul 16.45 WIB telah terjadi kecelakaan sehingga meninggal dunia karena tersengat aliran listrik Lendah, Kulonprogo," kata dia, Jumat (13/1/2023).

Kejadian nahas tersebut bermula sewaktu korban sedang menjahit karung plastik yang dipergunakan untuk wadah pupuk kompos atau media tanam di rumahnya. Di saat korban tengah menjahit itu lah, istri korban mendengar suara seperti atap seng yang jatuh.

"Kemudian istri korban langsung menghampiri arah suara tersebut dan ternyata suara tersebut adalah suara korban yang terjatuh dan dalam keadaan sudah tidak sadarkan diri, pingsan," ujarnya.

BACA JUGA: Kesetrum, Satu Pekerja Bangunan Meninggal Dunia

Mengetahui hal tersebut korban bergegas dilarikan ke RS Pura Raharja untuk mendapatkan pertolongan. Namun, sesampainya di RS Pura Raharja, korban dinyatakan sudah meninggal dunia.

Diterangkan Novi, dari hasil pemeriksaan medis tidak ditemukan tanda-tanda luka bakar. Namun tim medis menemukan adanya luka lebam pada mata kiri korban. Di sisi lain, dokter juga tidak menemukan adanya tanda-tanda penganiayaan pada tubuh korban. 

Berdasarkan keterangan saksi-saksi dan hasil pemeriksaan medis, Novi menjelaskan analisa kejadian insiden ini disebabkan oleh sengatan arus listrik yang timbul akibat kabel yang mengelupas. Sengatan ini yang diduga menjadi penyebab korban meninggal dunia. 

"Setelah melakukan proses penyelidikan dan permintaan keterangan terhadap pelapor dan beberapa saksi, bahwa korban tersengat arus listrik disebabkan kecelakaan dalam bekerja. Kabel pada mesin jahit media tanam mengelupas, sehingga menempel pada bodi mesin jahit tersebut dan selanjutnya korban tersengat arus listrik," jelasnya. 

Setelah berkomunikasi dengan keluarga yang diwakili oleh kepala dukuh setempat, keluarga menerima bahwa peristiwa tersebut merupakan suatu musibah dan tidak meminta untuk diproses secara hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Gempa Turki: 1.504 Orang Dilaporkan Tewas, 592 di Antaranya di Suriah

News
| Senin, 06 Februari 2023, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement