Advertisement

Jumlah TPS di Kota Jogja Diprediksi Bertambah Dibanding Pemilu 2019

Yosef Leon
Selasa, 17 Januari 2023 - 13:27 WIB
Sunartono
Jumlah TPS di Kota Jogja Diprediksi Bertambah Dibanding Pemilu 2019 Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Komisi Pemilihan Umum Kota (KPU) Kota Jogja memprediksi terdapat penambahan tempat pemungutan suara (TPS) untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akibat peningkatan jumlah pemilih di wilayah itu. Pada Pemilu 2019 lalu KPU menyiapkan sebanyak 1.373 TPS dengan jumlah pemilih di angka 309.469 orang. 

"Sekarang kami sedang proses pemetaan dan targetnya bisa selesai pada 19 Januari mendatang, karena memang butuh sinkronisasi data berkaitan dengan adanya penambahan dari pemilih pemula," kata Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Jogja Siti Nurhayati, Selasa (17/1/2023). 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : 2023, Warga Kota Jogja yang Buang Sampah di TPS Bakal 

Dia menyebut, proses pemetaan TPS dilakukan dengan melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PKK). Data hasil sinkronisasi daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) yang turun dari Kementerian Dalam Negeri akan menjadi dasar dalam pemetaan TPS. Petugas PKK nantinya akan mengisi daftar pemilih yang sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing pada Pemilu 2019 dan DP4 dengan mengacu pada alamat lengkap pemilih. 

"Total ada 321.228 pemilih di Kota Jogja berdasarkan hasil pemutakhiran data terakhir pada September 2022 lalu. Ini akan menjadi panduan bagi PKK dalam pemetaan TPS," ujarnya. 

Selain mengacu pada DP4, KPU Jogja juga mencermati fenomena TPS yang hampir melebihi kuota pemilih pada Pemilu 2019 lalu. Sesuai dengan ketentuan jumlah pemilih dalam satu TPS tidak boleh lebih dari 300 orang. Kondisi TPS yang hampir mendekati batas jumlah pemilih pada Pemilu 2019 lalu disebutnya cukup banyak di Kota Jogja. Dengan dinamika penduduk yang signifikan, turut pula berdampak pada potensi penambahan TPS. 

BACA JUGA : KPU Jogja Siapkan Tiga Skema Dapil untuk Pemilu Serentak

"Kita juga sudah petakan bahwa ada sebanyak 9.368 pemilih yang masih TPS nol. Artinya ini juga jadi perhatian untuk kemudian segera dicarikan TPS yang sesuai dengan domisilinya," ungkap dia. 

Ketua KPU Kota Jogja Hidayat Widodo menyebut, sesuai dengan aturan KPU pusat ada lima indikator penting dalam pembentukan TPS di suatu wilayah yakni tidak menggabungkan kelurahan dan desa, memperhatikan kemudahan pemilih ke TPS, tidak memisahkan pemilih dalam satu keluarga pada TPS yang berbeda, aspek geografis wilayah, serta jarak dan waktu tempuh menuju TPS dengan memperhatikan tenggat waktu pemungutan suara.

"Proses ini akan kita lakukan seminggu ke depan. Setelah dari PKK terisi semua nanti akan kembali kita rekapitulasi untuk menentukan jumlah TPS yang akan disiapkan di Jogja," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Panggil Menteri Jhonny Plate Kamis Besok

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement