Advertisement

Ini Jenis Belanja Paling Besar Wisatawan di Jogja Menurut Survei

Bhekti Suryani
Selasa, 17 Januari 2023 - 18:07 WIB
Bhekti Suryani
Ini Jenis Belanja Paling Besar Wisatawan di Jogja Menurut Survei Wisatawan beraktivitas di Teras Malioboro 2, Rabu (4/5/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Jogja menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Jutaan wisatawan setiap tahunnya singgah ke Jogja.

Belum lama ini, Badan Pusat Statistik (BPS) DIY mengeluarkan survei yang mengulas pengeluaran wisatawan selama berlibur di Jogja. Laporan bertajuk "Isu Terkini DIY 2022" yang diterbitkan 3 Januari lalu itu mengungkap persentase ragam pengeluaran wisatawan di DIY.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Berdasarkan survei BPS, menurut pengeluarannya, wisata nusantara (wisnus) paling banyak menghabiskan uang di Jogja untuk membayar akomodasi, yaitu sebesar 23,95%.

Jika dirinci, pengeluaran akomodasi hotel atau penginapan sebesar 10,65%, rumah teman atau keluarga 5,76%, kombinasi hotel/penginapan dan rumah keluarga / teman sebanyak 0,94%, lainnya 0,06%.

'Selain pengeluaran untuk akomodasi, pengeluaran cukup besar juga dihabiskan untuk membeli makanan dan minuman, yaitu sebanyak 17,15%. Pengeluaran angkutan sebesar 15,35% dan belanja sebanyak 13,77%. Sisanya masing-masing di bawah 7% untuk membeli cinderamata, jasa hiburan, biaya Covid, pemandu wisata (guide), paket liburan dan lain-lain.

BACA JUGA: Bukan Hukuman Mati, Ferdy Sambo Dituntut Hukuman Penjara Seumur Hidup!

BPS juga menyurvei wisatawan menurut jenis kelamin. Pada periode sebelum Covid (tahun 2019) jumlah wisatawan laki-laki dan perempuan hampir seimbang, dimana wisatawan laki-laki sebanyak 47,42% sedangkan wisatawan perempuan 52,58%.

Namun pada tahun 2021, ketika pandemi Covid telah menyebar luas terjadi pergeseran komposisi wisatawan menurut jenis kelamin. Jumlah wisatawan laki-laki secara komposisi meningkat tajam menjadi 69,78% sedangkan perempuan 30,22%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Siswi SMP di Klaten Jadi Korban Kekerasan Seksual hingga Ratusan Kali

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement