Advertisement

Ular Sanca Masuk Kandang Bebek di Sewon Bantul

Ujang Hasanudin
Rabu, 18 Januari 2023 - 13:47 WIB
Budi Cahyana
Ular Sanca Masuk Kandang Bebek di Sewon Bantul Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD Bantul menunjukkan ular sanca yang masuk kandang bebek di rumah warga di Suruhan, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Rabu (18/1/2023) pagi. - Istimewa/BPBD Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ular sanca menyolong masuk ke kandang bebek di permukiman Padukuhan Suruhan, Desa Timbulharjo, Seweon, Bantul, Rabu (18/1/2023) bakda subuh. Pemilik kandang yang ketakutan melihat ular lima meter itu kemudian minta bantuan Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul.

Kepala Bidang Damkarmat BPBD Bantul Irawan Kurnianto mengatakan ular sanca tersebut masuk ke kandang bebek milik Normalina Yuli Wulandari. Selepas salat subuh, pemilik rumah mendengar kegaduhan di kandang bebek belakang rumah.

Advertisement

Normalina kemudian mengecek dan melihat seekor ular. Dia kemudian meminta tolong tetangga untuk menangkapnya, tetapi tidak bisa, kemudian melapor ke BPBD Bantul.

BACA JUGA: Pembangunan JJLS di Gunungkidul Memicu Konflik Manusia dengan Monyet

“Setelah menerima laporan, kami langsung menerjunkan lima personel Damkarmat untuk mengevakuasi ular sanca dengan peralatan sarung tangan, alat penangkap ular, dan kantong goni,” katanya, melalui sambungan telepon, Rabu (18/1/2023).

Irawan mengatakan ular sanca lima meter itu ditangkap dengan cepat. Petugas tidak mengalami kesulitan sama sekali karena ular sanca termasuk ulang yang tidak berbisa. “Setelah ditangkap ular kemudian akan diberikan kepada pencinta satwa,” ucapnya.

Irawan mengatakan selama awal tahun ini sudah 10 kali menyelamatkan satwa, yakni delapan ular dan dua biawak. Sepanjang 2022, Damkarmat BPBD Bantul sudah menyelamatkan 220 ular berbagai jenis, 43 biawak, 50 kucing, satu monyet, satu anjing, dan satu hamster.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puncak DBD di Indonesia Diprediksi pada April dan Mei 2023

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Kemenparekraf Optimistis Jumlah Wisatawan 2023 Naik

Wisata
| Kamis, 26 Januari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement