Advertisement

UGM Himpun Ratusan Miliar Rupiah untuk Beasiswa

Lugas Subarkah
Senin, 23 Januari 2023 - 19:47 WIB
Budi Cahyana
UGM Himpun Ratusan Miliar Rupiah untuk Beasiswa Kampus UGM - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANUGM berkomitmen meningkatkan akses pendidikan terhadap mahasiswa kurang mampu agar bisa kuliah. Setiap tahun, UGM mengalokasikan beasiswa hingga ratusan miliar bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Direktur Kemahasiswaan UGM, Sindung Tjahyadi, menjelaskan setiap tahun UGM memberikan beasiswa dengan menghimpun berbagai mitra baik dari pemerintah maupun pihak swasta. Pada 2022 lalu, UGM mengalokasikan Rp304,5 miliar dana beasiswa untuk 18.964 mahasiswa. ”Dana beasiswa ini dihimpun dari 165 mitra dalam bentuk 192 jenis beasiswa,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Advertisement

Menurut Sindung, nominal beasiswa yang dikelola UGM bertambah dari tahun ke tahun. Pada 2020, dana beasiswa yang dihimpun mencapai Rp274,6 miliar, lalu meningkat menjadi Rp295,4 miliar pada 2021. Lembaga mitra yang memberikan beasiswa tersebut berasal dari instansi pemerintah, instansi swasta, yayasan, BUMN, BUMD, alumni, pribadi, UGM, hingga perguruan tinggi luar negeri.

BACA JUGA: Ribuan Mahasiswa Kampus Negeri Jogja Kesulitan Bayar Uang Kuliah

Beasiswa untuk mahasiswa dari program sarjana dan diploma diberikan dalam bentuk tiga kategori yakni mahasiswa berprestasi yang kurang mampu, mahasiswa yang kurang mampu, dan beasiswa kemitraan melalui Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dan Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK).

Dengan mekanisme tersebut, menurutnya tidak ada alasan untuk tidak kuliah. “Tidak ada alasan bagi mahasiswa yang kurang mampu untuk tidak melanjutkan pendidikannya di UGM hingga selesai,” imbuhnya.

Jenis beasiswa bagi mahasiswa program pascasarjana berasal dari berbagai sumber mitra pemberi beasiswa. Tercatat ada 26 mitra pemberi beasiswa untuk mahasiswa program pascasarjana mulai dari lembaga pemerintah, swasta dan pihak yayasan. Jumlah mahasiswa penerima beasiswa mahasiswa Bidikmisi atau Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) pada tahun 2022 lalu sebanyak 1.882 orang mahasiswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bambang Sukmonohadi, Ayah Mertua Puan Maharani Meninggal Dunia

News
| Sabtu, 03 Juni 2023, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Siap-siap Gobyos! Ini Rekomendasi Warung Oseng Mercon di Jogja

Wisata
| Jum'at, 02 Juni 2023, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement