Advertisement

Parah! Pengendara Mobil Nekat Melintasi Jembatan Glagah yang Rawan Ambrol

Catur Dwi Janati
Senin, 23 Januari 2023 - 09:57 WIB
Sunartono
Parah! Pengendara Mobil Nekat Melintasi Jembatan Glagah yang Rawan Ambrol Pengendara roda dua melintas di Jembatan Glagah yang ditutup karena rusak pada September lalu. Hanya pengendara roda dua yang boleh melintas di Jembatan Glagah selama ditutup, sedangkan kendaraan lainnya di alihkan ke rute lain. - Harian Jogja / Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Sejumlah pengendara roda empat ke atas yang nekat melintasi Jembatan Glagah dinilai sangat membahayakan. Mereka menggeser penghalang yang dipasang agar bisa lewat di jembatan yang rusak. Menanggapi hal tersebut rencananya beton cor penghalang atau portal akan di pasang agar sulit digeser pengendara.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dishub Kulonprogo, Sukirno menerangkan kondisi Jembatan Glagah sangat membahayakan pengendara kendaraan roda empat ke atas. Strukturnya yang telah mengalami keretakan membuat jembatan sengaja ditutup untuk kendaraan roda empat ke atas.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Struktur jembatan yang sudah retak [rawan ambrol] sangat membahayakan apabila terus dilewati kendaraan roda empat," terangnya pada Minggu (22/1/2023).

BACA JUGA : Jembatan Glagah Rusak, Begini Skenario Perbaikannya

Namun dalam pemantauan Dishub Kulonprogo di Jembatan Glagah pekan lalu, dinas mendapati aduan dari masyarakat masih adanya pengendara roda empat yang sengaja menggeser water barrier dan papan imbauan yang dipasang di sana. Sehingga pengendara tersebut dapat melintasi jembatan yang ditutup.

Mendapati laporan tersebut dinas bersama instansi terkait berencana melakukan skema lain untuk menutup Jembatan Glagah. Rencananya water barrier sebagai penghalang kendaraan akan diganti dengan cor beton yang sukar untuk dipindahkan.

"Kemarin disepakati bahwa akan ditutup aksesnya lebih permanen dengan mengunakan portal atau water barrier cor beton. Bola [dari beton yang tidak bisa digeser] di satker PJN. Kita masih menunggu informasi lanjut," terangnya.

Dari penjelasan Sukirno, Jembatan Glagah rencananya bakal diperbaiki tahun ini. Secara rinci jalur tersebut berada di bawah kewenangan pusat. "Jembatan Glagah menurut informasi Satker PJN tahun ini akan segera diperbaiki. Jalur pansela kewenangan insfratruktur jalan dan jembatan mulai tahun ini sudah beralih ke pusat dan ditangani Satker PJN," jelasnya.

BACA JUGA : Penanganan Jembatan Glagah Lambat, Rugikan Warga

Selama penutupan jembatan ini, rekayasa lalu lintas diterapkan di sekitar Jembatan Glagah. Arus lalu lintas kendaraan roda mpat dari arah barat akan dialihkan ke ruas jalan Glagah - Demen. Sedangkan lalu lintas kendaraan roda empat dari arah timur akan dialihkan ke ruas jalan Sogan - Karangwuni. Di sisi lain untuk kendaraan roda dua masih diperbolehkan untuk melintasi Jembatan Glagah karena pertimbangan kecilnya risiko yang diakibatkan dari kendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan Kulonprogo, Lucius Bowo Pristyanto menegaskan penutupan Jembatan Glagah dilakukan untuk keselamatan semuanya. Karena posisi jembatan yang mengalami kerusakan. "Mungkin roda dua masih boleh lah. Kalau roda enam bawa muatan kan memang enggak ada toleransi," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement