Advertisement

Menteri Basuki Janji Akan Perbaiki Rumah Warga Sleman yang Rusak karena Pembangunan Tol Jogja Bawen

Lugas Subarkah
Jum'at, 27 Januari 2023 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Menteri Basuki Janji Akan Perbaiki Rumah Warga Sleman yang Rusak karena Pembangunan Tol Jogja Bawen Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat ditemui wartawan di UGM, Jumat (27/1/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Merespons keluhan warga yang bertempat tinggal di dekat lokasi pembangunan tol Jogja-Bawen yang rumahnya rusak karena pembangunan konstruksi tol, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono berjanji akan memperbaikinya.

Ia menjelaskan memang ada kerusakan rumah seperti tembok yang retak akibat dampak pembangunan tol. “Kalau dia [tembok] retak diperbaiki, perbaikan bisa dikasih uang cash, bisa diperbaiki,” ujarnya saat ditemui wartawan di UGM, Jumat (27/1/2023).

Advertisement

Menurutnya, perbaikan pada rumah yang terdampak pembangunan tol merupakan konsekuensi dari pembangunan tol tersebut sehingga perlu dilakukan. “Bisa. pasti itu [perbaikan]. Harus konsisten, harus konsekuen,” ungkapnya.

BACA JUGA: Tren Sejumlah Kadus di Gunungkidul Dipaksa Mundur oleh Warga, Paguyuban Minta Perlindungan

Sedangkan terkait warga yang belum sepakat atas nilai Uang Ganti Rugi (UGR) dari tim appraisal, menurutnya hal itu sudah biasa terjadi. Hal tersebut perlu dimusyawarahkan kembali. Namun jika pada akhirnya tidak bisa sepakat maka jalan terakhir adalah dengan konsinyasi.

“Di mana-mana begitu, pernak-pernik pembebasan lahan. Setelah ada appraisal, kan ada musyawarah, kan ada yang setuju ada yang enggak, biasa. Itu pernak-pernik. Semua dimusyawarahkan, ada yang setuju ada yang enggak, didiskusikan. Nanti kalau sudah pada waktunya konsinyasi,” katanya.

BACA JUGA: Terasa seperti Gempa, Pengeboran Tanah untuk Tol Jogja Bikin Tembok Rumah Warga Retak

Kemudian menanggapi Sri Sultan HB X yang tidak melepas tanah milik Kraton untuk tol, menurutnya tidak masalah. “Ya sewa kan, ya enggak apa-apa, enggak masalah. [Ke depan] Ya mungkin jadi share-nya jalan tol,” ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Tersangka Suap Eks Kabasarnas Segera Jalani Proses Sidang

News
| Jum'at, 22 September 2023, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Sedih, Pemulihan Pariwisata Internasional Sampai 2024 atau Lebih

Wisata
| Jum'at, 22 September 2023, 21:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement