Advertisement

Anggaran Pemeliharaan Pasar Tradisional Turun ketimbang Tahun Lalu, Segini Besarannya untuk 2023

Anisatul Umah
Selasa, 31 Januari 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Anggaran Pemeliharaan Pasar Tradisional Turun ketimbang Tahun Lalu, Segini Besarannya untuk 2023 Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Pemkab Sleman menganggarkan kurang lebih Rp970 juta untuk pemeliharaan pasar di Sleman tahun ini.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Tina Hastani mengatakan anggaran ini lebih rendah dari tahun lalu Rp1,1 miliar.

Advertisement

"Memang sedikit menurun, tetapi kami bisa gunakan semaksimal mungkin dan kalau memang ada perbaikan yang urgen bisa dikoordinasikan di perubahan anggaran [APBD Perubahan Sleman 2023]," kata dia, Selasa (31/1/2023).

Dia menjelaskan pemeliharaan rutin dilakukan setiap tahunnya. Misalnya untuk pasar yang mengalami kebocoran, terkena angin, banjir, dan lainnya, sehingga diperlukan pemeliharaan.

"Jumlah pasar ada 32 pasar yang aktif di Kabupaten SLeman yang binaan Disperindag. Kan ada pasar desa dan lainnya, ini pasar rakyat yang di Kabupaten," jelasnya.

BACA JUGA: Tiga Pasar Tradisional di Jogja Akan Direvitalisasi, Ini Daftarnya

Sementara pasar yang akan direnovasi tahun ini hanya satu pasar, yakni Pasar Godean. Pembangunan pasar induk saat ini sudah mulai berproses, pasar sudah mulai dirobohkan sampai akhir Februari 2023 mendatang.

"Kalau 2023 hanya Pasar Godean [yang direnovasi]. Sedang di-demolish. Kemudian kami pematangan, penyiapan pembangunan Pasar Godean di Bulan April," ucapnya.

Setelah direnovasi Pasar Godean akan terbangun menjadi tiga lantai. Menampung 1.837 pedagang yang merupakan pedagang lama di Pasar Godean. Diharapkan tidak ada pedagang baru yang masuk ke Pasar Godean.

"Sudah fiks pedagang yang sudah dikunci [di] berita acara di Kemendag. Semua adalah pedagang Pasar Godean yang ada di sana," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement