Advertisement

Mahasiswa KKN UMBY Bantu Kemajuan UMKM

Media Digital
Selasa, 31 Januari 2023 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Mahasiswa KKN UMBY Bantu Kemajuan UMKM Pematangan persiapan Tim 71 Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) jelang praktik lapangan di Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, beberapa waktu lalu - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Sebanyak 11 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan praktik Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Sleman, 18 Januari-18 Februari. Membantu memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah setempat menjadi fokus para mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 71 program KKN tersebut.

Selama satu bulan para mahasiswa melakukan kegiatan praktik di Army Snack, sebuah UMKM yang bergerak di bidang produksi makanan ringan.

Advertisement

Septi Priyani, salah satu mahasiswa di kelompok tersebut mengungkapkan, Tim KKN Tematik Kelompok 71 telah melakukan survei ke Army Snack pada 8 Januari lalu.

Dari survei tersebut pihak UMKM memberitahukan kendala yang dihadapi, yakni masalah penjualan.

"Maka dari itu tim sebagaimana proposal KKN yang diajukan ke kampus, kami merumuskan judul Meningkatkan Efektivitas Digital Marketing serta Manajemen Keuangan Pada UMKM Army Snack," ujar Septi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/1/2023).

Septi mengemukakan, dari analisis data yang diperoleh, timnya mendapatkan tiga rumusan masalah. Ketiganya yakni tentang strategi pengembangan produk, cara pencatatan keuangan dan program marketing untuk peningkatan penjualan.

Apabila tiga masalah tersebut dapat teratasi, jelas Septi, maka Army Snack bisa berkembang lebih maju lagi. Pasalnya, ada sejumlah potensi yang mendukung prospek UMKM itu.

Pertama, daerah Tridadi tempat Army Snack memiliki potensi wisata sehinggga bisa dimanfaatkan untuk menjangkau pemasaran. Kedua, produk yang dihasilkan merupakan sajian kuliner yang unik dan kreatif karena memanfaatkan seluruh organ pohon pisang mulai dari buah,jantung,batang,daun hingga akar pisang.

"Tentu akan menarik apabila dipasarkan lebih luas di masyarakat. Tinggal bagaimana mengemas konten dan melakukan branding terhadap produk yang perlu diperhatikan," jelas Septi.

Potensi pemasaran ini, jelas dia, bisa dimulai dari pembuatan logo serta plang usaha, pembuatan webstore katalog, konten video UMKM dan produk. Apalagi eranya saat ini serba online. Memasarkan produk juga sangat penting di lempar ke pasaran online dengan menyisipkan sajian konten digital kekinian guna memikat selera konsumen.

"Poin-poin tersebut merupakan upaya kami untuk mensosialisasikan manajemen pemasaran. Tak lupa pula kami sosialisasikan pentingnya penyusunan laporan keuangan, karena itu juga penting," tandasnya.

Adapun KKN merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa S1 UMBY yang dikembangkan melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Dalam hal ini mahasiswa memberikan ilmu pengetahuan pemasaran, teknologi dan keuangan bagi UMKM agar dapat memecahkan masalah dalam usaha yang dijalankannya.

Sementara Suparmi, owner Army Snack mengaku mendapatkan pembelajaran positif dari kegiatan KKN mahasiswa UMBY ke UMKM miliknya. Dari pengetahuan tentang trik pemasaran dan manajemen keuangan yang diberikan mahasiswa dia optimis usahanya sejak 2020 itu akan lebih eksis.

"Tentu ini menjadi spirit baru bagi Army Snack untuk lebih semangat dalam berkembang," ujarnya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement