Advertisement

Viral Video Penangkapan Penculik Anak di Kalasan, Polisi Pastikan Hoaks

Lugas Subarkah
Jum'at, 03 Februari 2023 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
Viral Video Penangkapan Penculik Anak di Kalasan, Polisi Pastikan Hoaks Video hoaks tentang penangkapan penculikan anak di Kalasan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Video yang memperlihatkan seorang perempuan dihukum dengan narasi penangkapan penculik anak di Kalasan, Sleman, beredar secara luas di berbagai platform media sosial lain. Polisi memastikan narasi dalam video tersebut tidak benar atau hoaks.

Di dalam video berdurasi 1 menit 13 detik tersebut, terlihat seorang perempuan berambut panjang menggunakan baju hitam sedang diadili oleh sekelompok orang di dalam ruangan. Mereka juga memotong rambut perempuan tersebut. Pada bagian caption, disebutkan penculik anak ditangkap di Kalasan, Sleman.

Advertisement

Kanit Reskrim Kalasan, Iptu Sri Pujo, memastikan video tersebut tidak benar. Tidak ada penangkapan penculik anak di Kalasan dan video itu juga tidak diambil di Kalasan. “Itu hoaks. Kejadian juga bukan di Kalasan, tidak ada,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (3/2/2023).

Video tersebut menurutnya merupakan penangkapan kasus pencopetan, tetapi tidak di Kalasan. Ia pun tidak mendapatkan laporan apapun terkait penangkapan penculik maupun pencopetan tersebut. 

BACA JUGA: Marak Isu Penculikan Anak, Sultan Minta Masyarakat DIY Tetap Tenang

Dia mengimbau masyarakat agar tidak mudah termakan hoaks dan lebih berhati-hati dalam menyebarkan informasi. Meski demikian, masyarakat harus tetap waspada pada aksi penculikan yang belakangan marak terjadi.

“Tetap menjaga kewaspadaan. Kalau menjemput anak, 10 atau 15 menit sebelum jam pulang sekolah kalau bisa orang tua sudah di sekolah,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement